Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Widow Maker" Yamaha VMAX Tak Lagi Dijual di Indonesia

Kompas.com - 23/02/2015, 09:29 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak lagi menjual sepeda motor kelas berat VMAX di Indonesia. Penjual unit CBU Yamaha, flagship shop Mekar Motor, menjelaskan keputusan itu berjalan sejak akhir 2014 lalu.

“Terkait regulasi pemerintah, salah satunya VMAX tidak punya parking brake. Lagipula memang VMAX itu punya julukan ‘mesin pembunuh’, kita tak lagi jual,” jelas Kevin, Kepala Cabang Mekar Motor di Tangerang Selatan, Minggu (22/2/2015).

VMAX adalah moge jenis cruiser yang diciptakan bukan untuk pemula. Bodi kekar dengan sasis diamond menggendong mesin V4 DOHC 1.679cc, potensinya 197 tk dan torsi 166,8 Nm! Bobot tanpa penumpang mencapai 310 kg.

Dalam forum–forum penggemar big bike di internet,  VMAX dijuluki “widow maker”. Tanpa skil dan pengalaman tinggi, kekuatan tenaga dan torsi besar moge buas ini sulit dijinakan. VMAX bukan pilihan untuk first bike tapi end bike.

YIMM tepergok melakukan uji tipe buat VMAX sejak Mei 2013. Tujuh bulan kemudian VMAX serta R1, R6, dan TMAX, menjadi empat moge Yamaha pertama yang diluncurkan di Indonesia. Saat itu satu unit VMAX langsung laku terjual.

Catatan terakhir, Kevin mengatakan total ada empat unit yang diimpor, dua di antaranya sudah dimiliki konsumen di Bali. Di Indonesia, harga VMAX di atas Rp 500 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com