Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy Indonesia Resmikan "Dealer" Pertama dalam 13 Tahun Terakhir

Kompas.com - 27/01/2015, 15:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Peresmian dealer baru Nusantara, Selasa (27/1/2015), membatalkan "puasa" Mercedes-Benz Indonesia (MBI) yang belum menambah jaringan pemasaran sejak 2002. Total jaringan pemasaran MBI kini berjumlah 14 dealer dan 21 outlet di seluruh Indonesia.

"Sudah 13 tahun kami belum menambah dealer baru, ini terkait strategi korporat yang merasa sudah mencukupi kebutuhan pasar yang ada," jelas Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Business & Network Development MBI saat pembukaan dealer Nusantara.

Segmen premium, kata Kariyanto, akan terus berkembang. Menambah dealer baru sebagai langkah antisipasi pertumbuhan sekaligus menjadi perpanjangan tangan MBI untuk menjangkau pasar lebih luas.

"Kita bicara bukan satu atau dua tahun tapi sampai 5-10 tahun ke depan. Pembangunan dealer bisa 1-2 tahun jadi kalau tidak disiapkan jangka panjang maka nanti bisa ketinggalan,” tambah Kariyanto.

Seleksi

MBI tidak sembarangan menggandeng mitra bisnis, PT Putra Borneo Nusantara sebagai bagian dari Nusantara Group yang memiliki dealer Nusantara dipilih dari seleksi korporat. Proses ini telah dilakukan tiga sampai empat bulan sebelum pembukaan.

“Secara korporat proses seleksi sudah baku, biasanya kita sebar iklan dulu lewat media artinya open announcement. Sehingga bisnis partner yang berminat bisa apply, mereka mengirim surat ketertarikan,” ujar Kariyanto menerangkan proses seleksi.

Setelah itu ada sesi wawancara yang bisa berulang sampai tiga kali. Di sini pengetahuan calon mitra bisnis tentang otomotif dan kesiapan pembangunan dealer akan diuji. Salah satu yang paling penting lokasi dealer menjadi faktor menentukan. “Keputusan mengambil dealer adalah kolektif dari komite,” tutup Kariyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com