Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepastian Produksi Konsep Retro Husqvarna 401

Kompas.com - 13/01/2015, 15:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stockholm, KompasOtomotif – Salah satu konsep yang cukup menarik perhatian dalam gelaran EICMA 2014 lalu di Milan adalah duet konsep sepeda motor retro dari Husqvarna, yakni 401 Vitpilen dan 401 Svartpilen. Tunggangan yang dibangun dari KTM Duke 390 itu akan memasuki ranah produksi dalam waktu dekat.

Kepastian tersebut terungkap setelah media asal Swedia Bike.se melaporkan bahwa keduanya akan diproduksi pada 2017. Pernyataan datang dari Managing Director Husqvarna Reinhold Zens, yang mengatakan bahwa keduanya mendapat lampu hijau untuk rencana penambahan model baru.

”Saya bisa menyatakan bahwa keduanya akan datang sebagai model 2017. Mungkin tidak akan sama persis, karena konsep selalu menjadi representasi mimpi para desainer,” ujar Zens.

Ditambahkan, bahwa versi produksi akan sedikit berbeda untuk mengikuti regulasi yang berlaku atau mengikuti kelayakan desain untuk menekan biaya produksi. Meski demikian, Zens menegaskan bahwa antar versi produksi dan konsep akan punya gaya yang sama.

401 Svartpilen dan Vitpilen menggunakan komponen dasar yang sama yaitu mesin satu silinder, rangka trelis, dan peredam kejut WP suspension. Bedanya ada pada gaya.

Svartpilen lebih menganut aliran street tracker. Ban semi off-road, knalpot diposisikan tinggi serta back rack menjadi ciri khas penjelajah jalanan aspal dan medan semi off-road. Sementara Vitpilen lebih mengarah ke cafe racer modern dengan setang pendek dan ”buntut tawon”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com