Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Mazda Dipastikan Meleset Tahun Ini

Kompas.com - 15/12/2014, 13:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – Penurunan gairah pasar mobil di Indonesia belakangan ini akibat berbagai hal ikut dirasakan PT Mazda Motor Indonesia (MMI). Beberapa tulang punggung terkena getah, membuat pemegang merek Mazda di Indonesia itu meyakini bahwa tahun ini target tidak akan tercapai.

Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager MMI mengatakan belum lama ini di Bogor, bahwa keinginan mempertahankan angka penjualan tahun lalu diakui tak akan terkejar. Jika pada 2013 MMI berhasil menjual 11.000-an unit dengan market share 0,98 persen dari pasar mobil nasional, tidak demikian dengan tahun ini.

”Per November lalu masih 8.800-an unit. Rasanya kami tidak akan bisa mengejar hingga 11.000 unit. Tapi tetap kami akan berusaha dan optimistis meski sulit,” ujar Astrid.

Faktor yang cukup mempengaruhi adalah turunnya segmen kendaraan komersial. Salah satu anak emas MMI di segmen ini adalah BT-50 yang kini terkena dampak turunnya segmen komoditas, terutama pertambangan.

Sementara untuk kenaikan bahan bakar, Astrid meyakini tak mempengaruhi Mazda. ”Dari awal kami sudah merekomendasikan penggunaan bahan bakar harus pakai oktan 92 ke atas. Di buku manual pun sudah ada. Kenaikan BBM tidak pengaruh terhadap performa penjualan kami,” tegas Astrid.

Strategi pun berubah. Jika dulu didominasi CX-5, Mazda2, Biante dan BT-50, kini model yang jadi andalan secara berurutan adalah Mazda2, CX-5, dan Biante.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com