Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Horas Solo, Anak Medan Datang!"

Kompas.com - 06/12/2014, 12:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Solo, KompasOtomotif – Mercedes-Benz 280 (W115) berumur 39 tahun dengan bodi dekil dan penampilan kusam yang KompasOtomotif temui di acara Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia kesembilan di Solo ternyata punya cerita mencengangkan.

Tampangnya terlihat lesu dan sangat kelelahan, wajar saja sebab sang pemilik Lian Nasution bercerita mobil kelahiran 1975 warisan kakeknya itu baru sampai di Solo setelah menempuh perjalanan sejauh 2.830 km dari Medan, Sumatera Utara.

Dengan nada bersemangat, Lian yang juga menjabat sebagai Chairman Mercedes-Benz Club Medan ini mengatakan ingin membuktikan kepada generasi muda bahwa mobil tua masih punya gairah touring.

Febri Ardani Mercedes-Benz 280 (W115) berumur 39 tahun tempuh 2.830 km dari Medan, Sumatera Utara menuju Solo, tempat diselenggarakannya Jambore Nasional Mercedes-Benz Club Indonesia.

“Kita start dari Medan tanggal 30 November, sampai di sini tanggal 5 Desember dini hari. Setiap jam sembilan malam kita istirahat, lalu jam enam pagi jalan lagi,” katanya, Jumat malam, (5/12/2014). Selama perjalanan Lion dan dua orang rekannya bergantian mengemudi, mesin 4-silinder 2.000 cc milik W115 masih kuat dipakai berpuluh jam bahkan berhari-hari.

Semua spesifikasi masih polos seperti bawaan pabrikan, tak ada modifikasi khusus yang dilakukan.  Rahasianya, kata Lian, adalah rajin merawat. “Mobil itu seperti cewek, kalau jarang kita urus marah dia,” celotehnya.

Febri Ardani

Perjalanan panjang seperti itu bukannya tanpa masalah, salah satu kendala yang cukup menyulitkan adalah mencari bahan bakar. Pasalnya, banyak SPBU yang mengatakan tidak punya bensin tapi ternyata di sekitar ada banyak penjual eceran. “Itu mulai terasa di daerah Pekanbaru, Jambi, dan Palembang. Cara mengatasinya, kalau jarum sudah sampai setengah, kita langsung cari bensin. Kira-kira konsumsi bahan bakar mobil ini 1 liter untuk 7 km,” ujar Lian.

Menyusuri jalan hingga Solo adalah jarak terjauh yang pernah dilakukan, sebelumnya mobil ini juga sudah menyentuh pulau Jawa saat mengunjungi Jambore Nasional kedelapan di Bandung, Jawa Barat pada 2013. Setahun sebelumnya Lian bilang mobil dengan plat nomor berawalan “BK” ini menggelinding 1.900 km hingga Lampung untuk mendatangi Jambore Nasional ketujuh. Sama seperti Jambore Nasional, rutinitas yang gemar ia lakukan sekarang ibarat kegiatan tahunan.

Febri Ardani Ekspresi Lian Nasution, pemilik Mercedes-Benz 280 (W115).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com