Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Ford Masa Depan Bisa Deteksi Serangan Jantung

Kompas.com - 25/10/2014, 09:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

London, KompasOtomotif – Mobil-mobil masa depan akan dilengkapi dengan jok yang mampu mengenali pengemudi yang terkena serangan jantung. Konsepnya, saat serangan itu datang, tempat duduk akan mengirim sinyal kepada sistem komputer mobil untuk melakukan ”emergency stop”.

Ford sudah selangkah di area ini, mengatakan bahwa jok dilengkapi dengan elektroda sensitif yang memonitor detak jantung pengemudi. Teknologi ini bekerja dengan kamera yang memantau pergerakan kepala dan sensor yang ada di setir.

Jika ada tanda-tanda kemungkinan serangan jantung, komputer akan mengambil alih setir dan rem, memandu mobil berhenti dengan aman. Saat mobil sudah berhenti, sistem akan mengaktifkan ponsel pengemudi untuk mengirimkan pesan pada rumah sakit atau ambulans.

Dr. Achim Lindner, Medical Officer dari Ford Research Centre mengatakan, teknologi ini tak hanya membawa keuntungan untuk pengemudi, tetapi juga membuat jalanan semakin aman.

Dari salah satu penelitian selama tiga tahun yang dilakukan di Uni Eropa, orang yang mengalami serangan jantung, 23 persennya menyebabkan kecelakaan di jalan.

Ford mengatakan bahwa 30 persen penduduk Eropa pada 2050 nanti akan berusia 65 tahun, dan rawan untuk melakukan kegiatan mengemudi. Artinya, risiko serangan jantung akan tumbuh secara perlahan.

Pim Van der Jagt, Managing Director Ford Research Centre di Aachen, Jerman, mengatakan bahwa Ford sudah mulai mengembangkan teknologi ini sejak 2011. Kendati demikian, berdasarkan analisa perusahaan, butuh setidaknya lima tahun untuk membuat teknologi ini semakin matang. Disinyalir, penggunaan teknologi ini akan dimulai pada 2020 mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com