Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alonso Tinggalkan Ferrari

Kompas.com - 16/10/2014, 17:01 WIB

Maranello, KompasOtomotif – Masa depan Fernando Alonso bersama Ferrari hampir pasti berakhir. Mantan bos Ferrari Luca di Montezemolo bahkan sudah memastikan pebalap Spanyol itu akan hengkang karena ”penderitaan” tak pernah menang dalam setahun.

Di Montezemolo secara resmi cabut dari Ferrari, Senin (13/10/2014). Dalam wawancara dengan stasiun televisi Italia, RAI, dirinya mengatakan bahwa Alonso butuh lingkungan baru dan merasa frustasi tidak mendapat kemenangan (juara dunia) selama lima tahun bersama.

”Alonso hengkah karena dua alasan: Pertama karena saya mengerti bahwa dia ingin mencoba pengalaman di lingkungan baru, dengan motivasi baru. Lalu, dia juga dalam usia yang sudah tak bisa lagi menunggu terlalu lama untuk meraih kemenangan lagi,” ujar Montezemolo.

Ditambahkan, Alonso menderita tidak menang tahun ini, dan salah satu cara menggapainya adalah mencoba di tempat lain. ”Pebalap kadang-kadang butuh motivasi dan stimulus baru. Kecuali Schumacher yang bersama Ferrari sangat lama, itu agak unik,” imbuhnya.

Performa buruk
Meski mengakui kalau kepergian Alonso karena performa tim Ferrari yang buruk, Montezemolo tetap melindungi mantan anak buahnya di tim. Dirinya mengatakan bahwa Ferarri tetap tim luar biasa. Selama 15 tahun terakhir, ”Kuda Jingkrak” merupakan tim yang paling banyak memenangkan kejuaraan.

”Memang benar, karena alasan tertentu, kami belum menang (tahun ini dan beberapa tahun sebelumnya). Tapi kami kehilangan dua gelar juara di balapan terakhir. Musim ini sangat mengecewakan di semua aspek, dan itulah olahraga,” urai Montezemolo diplomatis.

Jika hengkang, siapakah gantinya? Sebastian Vettel dipastikan meninggalkan Red Bull, dan bersiap menggantikan Alonso. Sementara pilihan Alonso di 2015 kemungkinan besar adalah McLaren.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com