Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Ambisi Besar Bos Ford

Kompas.com - 30/09/2014, 11:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Ford mengejar target penjualan global menjadi 9,4 juta unit, atau naik 52 persen pada 2020 mendatang. Pasar Asia menjadi salah satu kunci utama Ford dalam peta persaingan global. Bahkan dikabarkan siap menanamkan investasi besar-besaran pada merek premium Lincoln. Ford juga siap memperlebar pasar mobil-mobil kompaknya termasuk kendaraan multi guna di seluruh dunia.

Chief Executive Officer Ford Mark Fields mengatakan, strategi yang digunakan perusahaan masih bertajuk "One Ford" melanjutkan sukses pemimpin sebelumnya, Alan Mulally. "Kami adalah perusahaan yang hidup dalam industri yang terus tumbuh. Kami akan bangun fondasi dan bergerak lebih cepat kegiatan operasional dan pertumbuhan keuntungan bagi kita semua," jelas Fields dilansir Autonews, Senin (29/9/2014).

Joe Hinrichs, Presiden Ford Amerika, di Amerika Utara, menyebutkan, penjualan diharapkan tumbuh dari 2,9 juta unit (2013) menjadi 3,5 juta unit pada 2020, naik 21 persen. Sedangkan total pasar kendaraan di AS diprediksi mencapai 17-18 juta unit pada 2020 mendatang. Margin keuntungan akan naik tipis pada waktu itu, dari tahun ini 8 persen menjadi 8-10 persen pada 2020.

Lima target
Dari seluruh paparan yang dilakukan para petinggi Ford di Detroit, AS, Mark Fields lantas merumuskan lima target utama dalam memimpin perusahaan. Kelimanya merupakan faktor penentu, sukses atau tidaknya Fields duduk sebagai puncak pimpinan. Berikut rumus tersebut :

• Masuk dalam lima besar pabrikan terbesar di dunia dalam hal penjualan.
• Keseimbangan antara kawasan regional dan segmentasi pasar.
• Margin keuntungan naik antara 8-9 persen.
• Berada di jajaran atas tingkat keuntungan para pemegang saham.
• Reputasi yang kuat

"Kami mau dihargai oleh seluruh pemangku kepentingan," tukas Fields.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com