Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Cenderung Lihat Desain dan Spek X-Trail, Harga Belakangan

Kompas.com - 17/09/2014, 09:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Harga khusus selama masa peluncuran hingga waktu yang belum bisa ditentukan ternyata bukan menjadi faktor utama konsumen memboyong All-New Nissan X-Trail. Faktor penentunya justru desain dan spesifikasi yang dianggap sangat bersaing dengan para kompetitor.

GM Strategi Pemasaran Komunikasi dan Perencanaan Produk PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan, berdasarkan pengalaman launching selama 3 hari di Senayan City, Jakarta Selatan, ternyata harga bukanlah hal yang banyak dikomentari.

”Konsumen melihat tiga hal. Urutan pertama adalah desain baru yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. X-Trail dan Nissan juga sudah dikenal, kami percaya diri dengan image nama. Yang kedua, orang melihat spesifikasi. Banyak yang baru dan tidak dimiliki kompetitor, termasuk baris ketiga,” jelas Budi kepada KompasOtomotif, (16/9/2014).

Setelah kedua hal tersebut, barulah konsumen melihat harga. Banderol khusus yang lebih murah hingga puluhan juta untuk sebuah model baru memang cukup menggiurkan. Namun khusus untuk X-Trail, imbuh Budi, konsumen tidak lagi melihat ke sana (harga).

Bisa jadi, konsumen di segmen X-Trail tak terlalu sensitif dengan harga. Beda puluhan juta dianggap hal biasa. Beda ceritanya jika masuknya di segmen SUV bawah atau mobil murah. Beda harga sedikit akan sangat memengaruhi penjualan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com