Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

advertorial

“Kinetic Design” Membuat New Fiesta Selalu Tampil Stylish dan Dinamis

Kompas.com - 15/09/2014, 08:44 WIB
advertorial

Penulis

Ketika melihat sosok New Ford Fiesta – baik saat diparkir (diam) maupun meluncur- sering mengundang rasa kagum pengguna mobil lain. Penampilan Fiesta yang sangat menarik itu adalah hasil darifilosofi desain baru Ford pada milenium sekarang (2000), yaitu “Ford Kinetic Design”.

Ciri khasnya, gril trapesium berukuran besar dengan bemper rendah. Lantas dikombinasikan denganlampu depan utama dan lampu kabut yang sangat dinamis! Sementara dari samping, terlihat garis-garis atap yang melandai sampai ke belakang. Bodi samping juga diberi “goresan” garis dinamismulai dari atas fender depan, kemudian membentuk garis lurus dengan “handle” pada kedua pintu samping (depan dan belakang). Sedangkan bodi belakang, tampak kokoh dan seksi! Wajar, sosok Fiesta selalu menarik perhatian dan mudah dikenal!

-

Interaksi Manusia-Mobil
Tujuan Ford menciptakan filosofi “Ford Kinetic Design” agar bisa terus mengikutiperkembangan tuntutan kebutuhan konsumen muda atau mereka yang berjiwa masa kini. Menurut para ahli pemasaran Ford di awal milineum ini (tahun 2000), untuk mereka tersebut harus ditampilkan mobil yang memberikan kesan enerjik dan dinamis. Di samping itu, karena alat komukasi seperti smartphone atau hape pintar tidak bisa lepas dari kegiatan mereka setiap saat, para insinyur Ford juga memikirkan agar peranti tersebut dapat digunakan dengan mudah, nyaman dan aman. Dapat digunakan sembari mengemudi tanpa harus menyebabkan konsentrasi pecah! 

Tuntutan tersebut menjadi tantangan untuk menciptakan filosofi desain baru sekaligus dijadikan tonggak baru baru oleh Ford untuk menghadirkan model-model dinamis sesuai dengan perkembangan zaman sekarang. Karena itu pula filosofi desain kinetik menjadi landasan dan dijadikan ciri khas model-model Ford lain yang dipasarkan di seluruh dunia.

Dijelaskan, Ford Kinetic Design adalah bahasa komunikasi dengan menghadirkan garis-garis tegas dan dinamis dari setiap mobil yang dibuat oleh Ford. Ujud desain kinetiksebenarnya adalah visualisasi energi dalam gerakan. Karena itulah, meski cuma melihat sekilas, orang langsung tertarik, karena penampilannya dinamis! Dengan desain kinetik, diharapkan bisa membangkitkan emosi orang yang melihatnya. Di samping itu, mobil juga tampil dengan sosok berbeda.

Selain eksterior, “Ford Kinetic Design” juga mengubah konsep desain interior Ford secara drastis. Para ahli Ford malah menyebutnya sebagai lompatan kuantum. Untuk itu, rancangan interior dituntut harus memudahkan penggunanya berinteraksi dengan mobil (mesin). Untuk itu, disediakanlah fasilitas teknologi “perintah suara” atau voice control dan Sync Audio. 

Wajah Segar
Tahun ini, penampilan Fiesta (New Fiesta) –hatchback dan sedan - semakin menarik karena Ford menyegarkandesain beberapa bagianeksterior, antara lain, gril, bemper depan, lampu utama depan, lampu kabut, fender, lampu belakang, bemper dan spoiler belakang (untuk model hatchback). Gril, kap mesin, lampu depan dan lampu kabut diubah untuk memperoleh agar kinerja Fiesta semakin efisien saat meluncur atau dikebut.

Tak hanya itu, konsumen ditawarkan mesin yang lebih canggih – sesuai dengan tuntutan zaman – namun efisien, yaitu 1.0L EcoBoost. Mesin canggih yang sudah memenangkan International Engine of the Year sebanyak 3 tahun berturut-turut. Meski berukuran kecil Ecoboost mampu menghasilkan tenaga dan akselerasi terbaik di kelasnya. Selain itu 1.0L turbocharger membuat bahan bakar lebih efisien. Berkendara nyaman dan lebih ekonomis.

Penasaran dengan fitur Ford New Fiesta? Kunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo Kemayoran pada tanggal 18-28 September 2014. Hadir di Hall A, Ford memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengikuti test drive New Fiesta Ecoboost dan EcoSport, serta penawaran menarik lainnya selama pameran berlangsung.

Info lebih lanjut tentang Ford New Fiesta, klik : http://www.ford.co.id/ (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com