Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cerdik Ford Dapatkan Banyak Konsumen

Kompas.com - 08/09/2014, 13:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif – Ada banyak strategi yang dilakukan dealer dalam memikat pembeli, dan yang paling berhasil adalah potongan harga alias diskon. Tapi diskon tidak selalu langsung diberikan, seperti yang dilakukan Ford di Australia dengan program Test Drive Challange yang berlangsung selama September 2014.

Ford akan memberikan uang sebesar 200 dollar Australia (sekitar Rp 2,2 juta) bila konsumen telah mencoba salah satu mobilnya tapi memutuskan membeli model merek kompetitor. Sebaliknya, bila konsumen telah test drive tapi tetap membeli mobil Ford, maka perusahaan akan memotong 500 dollar Australia (sekitar Rp 5,5 juta) dari harga mobil.

“Proses klaim online dan dirancang semudah mungkin, jadi konsumen tidak perlu kembali ke dealer Ford bila dia memutuskan untuk membeli model rival. Kami tidak percaya melakukan hal ini, memberikan konsumen uang setelah mereka test drive tapi beli model lain. Ini pertama kalinya di dunia (buat Ford),” kata juru bicara Ford Australia Wes Sherwood seperti diberitakan Carsguide, pekan lalu.

Program ini berlaku di hampir sebagian besar jaringan pemasaran Ford di Australia. Tujuannya meningkatkan persaingan. Tapi tentu kalau tanpa keyakinan, cara menjaring konsumen seperti ini bisa saja berakhir merugi bila kualitas produk mengecewakan. Misalnya saja, diterapkan di Indonesia, tentu akan menjadi tawaran yang sangat menarik.

Ford bukan yang pertama melakukan hal ini di Australia. Suzuki pernah menggelar Test Drive Challange khusus buat model sedan Kizashi. Sama seperti Ford, Suzuki juga memberikan uang sebesar 200 dollar Australia siapapun yang tidak jadi membeli setelah test drive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com