Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Museum Sepeda Motor "Terbesar di Dunia"

Kompas.com - 30/04/2014, 14:37 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Motorcycle
Alabama, KompasOtomotif - Jika Anda penggemar sepeda motor dan pernah berkunjung ke Alabama, Amerika Serikat, pastikan menyempatkan diri mampir ke Barber Motorsports Museum. Ruang pamer seluas 13.378 meter persegi, lima lantai ini baru saja dinobatkan sebagai museum sepeda motor terbesar di dunia oleh Guinness World Records.

Di dalamnya terdapat hampir 1.400 unit sepeda motor, di mana 700 di antaranya dipajang di ruang pamer. Koleksinya berbagai macam, mulai dari sepeda motor jadul sampai modern.

Museum ini dibangun di dalam kompleks Barber Motorsports Park pada 2003. Pemiliknya, George Barber, warga asli Alabama dan pemilik perusahaan susu Barber Dairies. Ia mulai mengoleksi sepeda motor sejak 24 tahun yang lalu. Pengelola museum ini adalah lembaga non-profit, merupakan proyek individu untuk menangkap sejarah yang di Alabama.

Tujuan wisata ini sering dijuluki sebagai "Augusta of Motorsports" dan berhasil menyumbang lebih dari 1,17 miliar bagi kas Kota Alabama dalam satu dekade terakhir. Barber berharap dengan pengakuan Guinness ini bisa membantu museum ini lebih dikenal orang dan mendorong dunia pariwisata dan memberi tambahan lagi bagi Kota Alabama.

http://s6.photobucket.com/user/MkIIMike/ Bangunan lima lantai.
Jeff Ray, Direktur Eksekutif Museum, mengatakan, akan memajang sertifikat yang diberikan Guinness di ruang lobi museum. Pengumuman resmi akan dilakukan di ajang Honda Indy Car Gran Prix di Alabama, tahun ini.

Lembaga rekor dunia, Guinness World Records Limited, yang berpusat di London, menyebutkan Museum Barber Vintage Motorsports memiliki koleksi terbanyak sepeda motor vintage dan kontemporer. Total 1.398 sepeda motor yang dipajang menceritakan berbagai sejarah perkembangan industri sepeda motor di dunia. Pengakuan ini disertifikasi Guinness pada tanggal 19 Maret 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com