Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Siapkan MPV 7-Penumpang

Kompas.com - 10/04/2014, 15:13 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif - Saat debut Seri 2 Active Tourer di Geneva Motor Show 2014 lalu, tersiar kabar MPV 5-penumpang yang dihadirkan BMW ini, bakal hadir versi 7-penumpang. Kini kabar semakin jelas, prototipe model yang akan mengenakan nama Seri 2 Gran Tourer itu, tertangkap kamera sedang melalui serangkaian tes jalan. Rencananya akan dipasarkan pada akhir 2014 atau awal 2015.

Dibangun menggunakan basis sama seperti Active Tourer yang memiliki panjang 4.342 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Namun bila dicermati dari tampilan eksterior, bagian pintu dan overhang belakang Gran Tourer sedikit lebih  panjang.

Sumber tenaga dipastikan juga sama dengan saudaranya, mesin 3 silinder dan 4 silinder dengan turbocharger, diesel, dan hibrida. Varian tertinggi, 225i menggunakan mesin 2.0 liter 4-silinder bertenaga 231 PS.

BMW berhasil memasuki segmen baru berkat platform UKL, khusus untuk mobil gerak roda depan, yang sebelumnya telah diperkenalkan pada generasi MINI Cooper 2014. Dijelaskan, platform ini setidaknya bisa menghasilkan tiga jenis ukuran panjang sumbu roda. 

Motorauthority BMW Seri 2 Gran Tourer kepergok kamera sedang diuji jalan.

Motorauthority, Rabu (9/4/2014), mengungkapkan, Gran Tourer tidak akan dipasarkan di Amerika Serikat (AS) sebab segmen MPV akan diisi Active Tourer. Komposisi dimensi kompak, konfigurasi 7 tempat duduk, penggerak roda depan, dan harga terjangkau kemungkinan lebih cocok masuk di pasaran negara berkembang.

Meski tidak disebutkan, bisa jadi Indonesia menjadi salah satu target pemasaran, tentu dengan pertimbangan pertumbuhan pesat MPV 7-penumpang di dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com