Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW E30 Alpina, "Spesies" Langka dan Istimewa

Kompas.com - 04/04/2014, 08:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber carscoops

Birmingham, KompasOtomotif – Hampir semua penggemar mobil klasik kencang, ingin punya BMW E30 M3. Inilah generasi pertama M Power dari BMW yang menawarkan sisi galak sedan mewah asal Jerman. Karena sejarah kuat itu, harganya pun tergolong mahal. Apalagi, keberadaannya sangat jarang. Tapi, tahukah Anda, masih ada BMW Seri-3 lain di era yang sama, menawarkan performa mirip tapi lebih ekslusif dan sulit dicari ketimbang M3?

Jawabannya adalah E30 Alpina C2 2.7. Varian tersebut ternyata lebih langka lagi. Dibangun dari model E30 325i tapi beda mesin, menggunakan tipe 2.700cc, 6-silinder yang sanggup memproduksi tenaga 210 PS. Daya yang dimiliki lebih besar 15 PS dibanding E30 M3. Karena sulit ditemukan, salah satu dari model ini yang masih sehat dan telah direstorasi akhirnya masuk rumah lelang.

Carscoops Karena lebih jarang, harganya diperkirakan lebih mahal ketimbang E30 M3.
Carscoops Mesin 2.700cc nya 15 PS lebih kencang ketimbang E30 M3 di eranya.

Sosoknya teronggok menunggu pemilik baru, menunggu giliran lelang pada 12 April mendatang dalam The Restoration Show Sale, diselenggarakan oleh rumah lelang Silverstone di NEC, Birmingham, Inggris.

Diproduksi pada 1988, Alpina C2 2.7 ini berkelir abu-abu, mirip warna badan ikan lumba-lumba. Banyak fitur yang membuatnya berbeda dengan ras seangkatannya, termasuk limited slip differential, tangki bahan bakar lebih besar, kaca khusus, jok sport berlapis kulit hitam, hingga sunroof elektrik dan sedikit polesan krom di interior.

Carscoops Interior masih orisinal dan mulus.

Penjualnya mengatakan semua bodi masih segar, begitu juga interiornya. Selama riwayatnya, mobil ini tak pernah turun mesin atau mengalami masalah berat. Paling menakjubkan, meski usianya sudah renta, diklaim masih bisa ngebut hingga 225 kpj!

Jarak yang sudah ditempuh tertera 161.739 km. Namun anehnya, mobil ini akan ditawarkan murah, dengan dengan harga estimasi awal 8.500-10.500 poundsterling atau setara Rp 159-197 juta, yang berarti separo harga E30 M3. Tapi harga itu diyakini akan naik jika memang banyak peminat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com