Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Barat]

631 Km Rute Padang-Jambi yang Menantang!

Kompas.com - 20/02/2014, 20:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jambi, KompasOtomotif – Tim Avanzanation Journey wilayah Barat kembali melanjutkan penjelajahan tanah Sumatera. Start dari dealer Auto2000 Khatib Sulaiman, Padang, (19/2/2013) tim bergerak menuju Kota Jambi via Solok-Sawahlunto-Kiliran Jao-Muara Bungo-Muara Bulian menyusuri Sungai Batanghari. Tak diduga, perjalanan yang dilalui cukup berat karena rute tergolong  ekstrem.

Ketangguhan Avanza di tanjakkan langsung diuji ketika tim mencapai kawasan Sitinjau Laut di Kabupaten Kerinci. Jalanan berliku ini menyusuri lereng Gunung Kerinci yang menguras adrenalin. Tak jarang ditemui tikungan 180 derajat dengan kemiringan mencapai 45 derajat. Berbekal mesin 1.300cc dan 1.500cc, VVT-i, Avanza tak ngos-ngosan, terlebih ditunjang sistem gerak roda belakang yang diyakini semakin menguatkan laju di jalan menanjak.

Rute Alternatif
Rute ini semacam jalur alternatif. Jika biasanya Padang-Jambi melewati lintas timur, rombongan memilih ”lintas tengah” menyusuri jalanan kecil yang menjadi penghubung lintas timur dan kota-kota kecil di wilayah Barat Sumatera. Sungai Batanghari pun jadi patokan untuk menuju Kota Jambi.

KompasOtomotif menghitung jarak yang dilalui dengan menandai odometer. Jarak tempuh mencapai 631 km. Jika lewat Lintas Timur, total jaraknya tak lebih dari 570 km. Lebih jauh memang, namun inilah bagian dari pembuktian Avanza sebagai low MPV yang lebih dari cukup untuk menantang aneka kontur jalanan di Indonesia.

Selepas Sitinjau Laut yang mendebarkan, tim kembali disuguhi jalan berkelok di Solok, Sawahlunto, dan Kiliran Jao. Kondisi jalan kurang bersahabat, bahkan selepas Provinsi Sumatera Barat, jalanan berlubang kerap ditemui. Sekali lagi, paket suspensi Avanza dan ground clearance yang tinggi sangat membantu.

Minim Penerangan
Sungai Batanghari kami sapa saat malam menyapa, melewati kawasan Muara Tembesi dan Muara Bulian, Provinsi Jambi. Penerangan jalan yang minim—bahkan sering gelap sama sekali—membuat tim harus ekstra waspada. Kendati stabilitas Avanza yang sudah teruji, dibarengi cara berkendara yang aman dan mumpuni, menjadi bekal tim menembus rute yang menantang.

Rombongan Avanzanation Journey akhirnya menginjak kota Jambi lewat tengah malam. Di kota ini, sejumlah agenda menanti, termasuk penggalan cerita perjuangan rakyat di zaman kolonial hingga menembus peradaban kuno Candi Muara Jambi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com