Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawaran Hebat EcoSport untuk Indonesia

Kompas.com - 09/01/2014, 15:39 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Agung Kurniawan Desain dasbor terlihat modern.
Agung Kurniawan Mesin 1.5 liter

Jakarta, KompasOtomotif — Sejak debutnya di Indonesia International Motor Show (IIMS), PT Ford Motor Indonesia belum mau membocorkan paket yang ditawarkan bersama EcoSport sampai hari ini. Padahal, Ford sudah menawarkannya ke konsumen Indonesia. 

"Untuk pasokan, FMI mengandalkan kiriman dari pabrik di Thailand, bukan India," ujar Bagus Susanto, Direktur Pelaksana FMI.

Desainnya sporty dengan kesan elips di seluruh permukaan bodi. Kesan modern dan tangguh diperlihatkan dari desain gril, lampu depan-belakang, dan air dam berbentuk trapesium. Belakang masih menggendong ban serep, layaknya SUV tangguh. Tongkrongan EcoSport juga gagah karena "ground clearance" 200 mm. Alhasil, tidak masalah bila menghadapi genangan air atau banjir sampai kedalaman setengah meter lebih (550 mm).

Di kabin, desain dasbor terlihat modern. Sistem audio dengan sistem perintah suara dan SYNC (milik Ford). Pengemudi dan penumpang bisa memanfaatkan koneksi Bluetooth atau USB untuk berbagai keperluan. Juga bisa melakukan panggilan dan menerima telepon memutar lagu atau mendengar SMS (bahasa Inggris).

Tombol di setir juga makin memudahkan konsumen mengatur volume atau memilih lagu. Sementara untuk menyimpan barang, itu bisa diperbesar dengan melipat jok belakang dengan konfigurasi 60:40 sampai 560 liter atau satu mesin cuci.

Di balik kap, EcoSport mengandalkan mesin 1.5 Ti-VCT dipadu transmisi 6-percepatan "PowerShift. Perpaduan keduanya menghasilkan tenaga 110 PS dan torsi 142 Nm.

Beberapa kelengkapan lain yang diunggulkan dan belum ditawarkan belum pada di kelasnya adalah keyless entry, tombol starter, sensor parkir belakang dengan tampilan visual di dasbor, pendingin ruangan dengan suhu, dan sunroof.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com