Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Ada yang Antipeluru

Kompas.com - 15/03/2011, 06:03 WIB

PUNE, KOMPAS.com — Tata Motors meluncurkan varian baru Safari untuk pasar domestik. Keistimewaan sport utility vehicle (SUV) ini, seperti dilaporkan Indiandrives.com, Senin (14/3/2011), mampu menahan tembakan senjata AK-47 alias antipeluru (bullet-proof) dan dibanderol 60 lakh real atau Rp 1,16 miliar, sama dengan tujuh kali lipat harga Safari standar yang dijual bebas.

Sumber dari salah satu dealer Tata mengatakan, "Karena harga unit yang sangat mahal, banyak dealer sengaja berinvestasi dan memajangnya di showroom. Mobil ini memang tak dipromosikan secara langsung oleh produsen, tetapi bisa dipesan di dealer terdekat."

Safari antipeluru ini dibekali mesin diesel Direct Injection Common Rail (Dicor) 2,2 liter bertenaga 140 PS pada 4.000 rpm dan torsi 320 Nm pada 1.700-3.700 rpm. Meski bobot kendaraan lebih besar karena material baja, mobil ini tetap bisa ngebut 150 km per jam dan menanjak di lereng gunung dengan kemiringan tertentu. Untuk kenyamanan, seluruh interor mobil sudah dibalut bahan kulit berkualitas, termasuk sistem hiburan kelas wahid.

Unit sudah memenuhi standar keamanan dari National Institute of Justice (NIJ) Level III/B6 dan bisa berjalan dalam kondisi ban kempis sejauh 50 km dengan kecepatan maksimum 50-60 km per jam. Seluruh kaca mobil juga bisa menahan tembakan jenis pistol atau senjata genggam lain. Untuk keamanan, mobil ini dilengkapi material bahan penekan peledak (explosive suppressant) seperti pada tangki bahan bakar untuk menghindari kebocoran saat terjadi ledakan.

Dari harga ini, Tata menyediakan alternatif bagi Anda yang menginginkan keamanan ekstra dalam kendaraan pribadi. Meski terlihat mahal, harga ini terbilang cukup kompetitif jika dibandingkan merek Tata lain—yang sekarang memiliki saham Land Rover Jaguar—seperti Discovery dan Range Rover yang dibanderol 3,75 crore real dan 4 crore real atau setara Rp 7,2 miliar sampai Rp 7,7 miliar dengan spesifikasi yang mirip.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com