Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggalkan China, Suzuki Serius di India

Kompas.com - 13/12/2010, 19:21 WIB

CHINA, KOMPAS.com — Sementara prinsipal mobil di dunia berlomba-lomba mengeruk pasar di China dengan menjalin kerja sama, Suzuki malah cabut alias menutup kantornya di Shanghai. Pasalnya, kerja sama dengan perusahaan lokal Changan Auto tidak mulus. Selain juga dipicu penjualan yang buruk, terutama pada model Kizashi yang diharapkan bisa menghasilkan keuntungan besar. Demikian dilaporkan oleh gasgoo.com, Senin (13/12/2010).

Cabut dari China, Suzuki memilih memberi perhatian lebih untuk pasar di negara berkembang seperti India. Negeri Sari dijadikan fondasi untuk pasar ekspor yang besar.

November lalu, perwakilan Suzuki India meminta dukungan pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur. Tujuannya, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang ingin memperluas bisnis mereka untuk melakukan investasi agar mencapai tujuannya.

"Untuk Eropa, Afrika, dan Asia Barat (Timur Tengah), kami melihat India sebagai pusat ekspor," ungkap SMC Chairman Osamu Suzuki pada Nikkei Business Summit. Jadi, lanjut Suzuki, kami ingin memosisikan India sebagai pusat ekspor dan pelabuhan terpenting. Jadi, kami ingin minta bantuan pemerintah setempat untuk memperbaiki sektor tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com