Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Porsche Teratas sebagai Mobil Paling Diandalkan

Kompas.com - 19/03/2010, 19:01 WIB

JERMAN, KOMPAS.com — Memasuki bulan terakhir pada kuartal pertama tahun ini, lembaga survei JD Power kembali mengumumkan hasil penelitiannya terhadap kendaraan yang dapat diandalkan (JD Power Vehicle Dependability Study). Hasilnya, Porsche berhasil menduduki peringkat tertinggi di atas merek lain.

Penelitian menitikberatkan pada pabrikan yang mampu mempertahankan keandalannya pada 2010,sSekaligus menghindari penurunan rasa percaya diri konsumen terhadap produk secara jangka panjang pada tahun ini dibandingkan tahun 2009.

Total, terdapat 37 merek yang masuk dalam studi JD Powers Beberapa merek masuk dalam studi tersebut, antara lain VDS, Cadillac, Ford, Hyundai, Lincoln, dan Mercury, yang mencatatkan hasil kesenjangan yang lebar antara performa yang dapat diandalkan dan persepsi konsumen.

"Memproduksi kendaraan dengan kualitas terbaik menjadi salah satu faktor dalam persaingan di kalangan pabrikan mobil. Mereka berlomba untuk menemukan bagaimana cara meyakinkan konsumen terhadap pentingnya kualitas produk itu. Perlu waktu tak sedikit untuk perlahan-lahan mengubah sudut pandang konsumen secara positif terkait kualitas dan ketergantungan konsumen terhadap produk. Ini bisa mencapai satu dekade atau bahkan lebih. Jadi, nilai ini merupakan sesuatu yang vital," papar David Sargent, Wakil Dirut Riset Otomotif JD Power and Associates, seperti dilansir autoevolution.com (18/3/2010).

Beberapa cara yang dilakukan pabrikan dalam meningkatkan persepsi kualitas yang baik adalah memberikan garansi lebih panjang, menggabungkan fitur salah satunya dengan menggunakan material yang bermutu tinggi, dan memastikan bahwa produk baru memiliki kualitas lebih baik dari pendahulunya.

Dari hasil penelitian, pabrikan mobil sport asal Jerman, Porsche, menduduki peringkat teratas. Lincoln berada di posisi runner-up. Posisi selanjutnya diduduki oleh Buick, Lexus, dan Mercury. Sementara itu, tujuh dari 10 model mobil yang masuk dalam kategori permasalahan terendah adalah Buick Lacrosse, Buick Lucerne, dan Cadillac DTS dari General Motors, kemudian Ford Five Hundred, Lincoln MKZ, Mercury Milan, dan Mercury Montego keluaran tahun 2007 dari Ford.

"Peningkatkan keandalan jangka panjang bergantung pada frekuensi penggantian komponen. Hal ini baik untuk konsumen dan pabrikan. Pihak pabrikan bisa mendapat keuntungan dengan tingkat klaim garansi yang rendah, sementara konsumen senang dengan biaya perawatan yang murah dan kenyamanan yang terjaga," ungkap Sargent.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com