Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Mobil China Ekspansi ke Rusia

Kompas.com - 05/03/2010, 11:11 WIB

CHERKESSK, KOMPAS.com — Produsen mobil China terlihat belum puas dengan pasar domestiknya yang kini terbesar di dunia. Tiga merek asal Negeri Tirai Bambu tersebut mulai melakukan ekspansi ke Rusia.

Ketiga produk mereka adalah Geely, Lifan, dan Great Wall, yang punya target melepas 100.000 unit mobil per tahun pada 2014. Ketiga pabrikan memanfaatkan fasilitas perakitan terbesar di Rusia, Derways, untuk memproduksi mobil di negara tersebut.

Tahun ini, Geely punya target produksi 16.000 unit. Tahun lalu, Geely berhasil mencatatkan penjualan 7.681 unit dan membuatnya menjadi merek paling populer di Negeri Beruang Merah itu.

Total investasi yang dikeluarkan untuk perakitan mencapai 85 juta dollar AS. Alexander Romanov, Direktur Jenderal Derways, mengatakan bahwa pabriknya tahun ini akan memproduksi 25.000 mobil merek China. Kapasitas akan terus meningkat hingga titik maksimum 100.000 unit pada 2014. "Pabrik mulai bergulir tahun 2002, dan kini tengah memproduksi sedan Lidan Breez dan hatchback," ujar Romanov.

Derways menjadi pabrik pertama di Rusia yang memproduksi mobil merek China secara massal pada tahun ini. Awal tahun ini, ada pabrik lain, Avtotor, yang menyatakan akan memproduksi 250.000 mobil per tahun.

Pada tahun lalu, Great Wall mengumumkan keinginannya untuk membangun pabrik perakitan sendiri di Rusia. Namun, kesepakatan antara pabrikan dan pemerintah Rusia tak kunjung selesai sehingga rencana tersebut batal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com