Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIAT "Recall" 500.000 Grande Punto

Kompas.com - 07/12/2009, 18:52 WIB

ITALIA, KOMPAS.com — Pabrikan mobil Italia, FIAT, mengungkapkan kalau pihaknya kembali melakukan penarikan atau recall paling besar untuk kali ketiga terhadap Grande Punto dengan total 500.000 unit. Penarikan kali ini dikarenakan ada kelainan pada sistem kemudi yang berpotensi patah pada bagian steering shaft.

Penarikan sebelumnya dilakukan pada Maret 2008 terhadap 44.000 unit varian setir kiri. Mereka mengatakan, kala itu kendaraan mengalami gangguan yang tidak spesifik sekali, yakni pada bagian terbawah steering column dari mobil yang diproduksi Maret 2006 dan September 2007.

Adapun penarikan pertama kali dilakukan pada November 2006 dengan jumlah paling sedikit 21.000 unit. Kala itu, masalahnya juga pada steering column, tetapi untuk mobil setir kanan yang dipasarkan di Inggris.

Nah, 500.000 unit Fiat Grande Punto dan Grande Punto Abarth yang ditarik ini diproduksi 2008 dan 2009. Organisasi Lembaga Konsumen Eropa, RAPEX, yang mempunyai detail daftar penarikan terbaru mengatakan, "Sangat tidak mungkin mengatasi gangguan pada setir itu hanya dengan mengandalkan baut untuk memperkuat bagian tersebut. Cara seperti itu bisa mengakibatkan kontrol kemudi hilang dan berakibat pada kecelakaan."

Namun, pihak FIAT mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada laporan mengenai kecelakaan akibat gangguan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com