Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantong Udara Tengah untuk Penumpang Belakang

Kompas.com - 13/03/2009, 10:42 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Toyota Motor Corp mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengembangkan kantong udara (airbag) tengah untuk penumpang di jok belakang sebagai supplemental restraint system (SRS). Menurut Toyota, ini merupakan pertama kali di dunia, kantong udara untuk jok tengah belakang berhasil dan dibuat oleh produsen mobil. 

Tugas dari kantong udara adalah mengurangi cedera pada penumpang belakang bila terjadi tabrakan dari samping.

Kantong udara baru itu ukurannya termasuk besar, dipasang di konsol tengah jok belakang. Juga diinformasikan, kantong udara model ini segera digunakan pada produk-produknya yang akan dipasarkan di Jepang dalam waktu dekat ini.

Ketika mobil dihantam dari samping, kantong udara akan mengembang dari bagian atas konsol. Selanjutnya, kantong udara itu bertugas sebagai penghalang yang membantu mengurangi cedera lantaran penumpang belakang saling menubruk ketika kecelakaan terjadi atau membentur konsol boks.

Toyota aktif  mengembangkan dan menyediakan teknologi pengaman akibat tabrakan, antara lain kantong udara berupa tirai yang berada di samping atau kaca pintu mobil. Juga ada kantong udara SRS untuk tumit yang telah dikomersialkan. Kantong udara tirai dan tumit telah dipasang pada Lexus RX350 yang diluncurkan minggu ini di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com