Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Civic Mugen RR 2008 Bergaya F1

Kompas.com - 24/11/2008, 06:16 WIB

HONDA CIVIC MUGEN RR 2008

Honda Civic Mugen RR 2008 yang kemunculan pertamanya di Tokyo Motor Show 2007, kini bisa dilihat langsung di Indonesia. Si pemilik tak mau disebutkan namanya, dan kehadirannya di tanah air ini pun sudah tidak dalam kondisi standar. Paket aerodinamis dari Mugen sudah membaluti seluruh bodi sedan yang hanya diproduksi 300 unit di seluruh dunia ini.

Coba cermati betul bagian depannya. Mulai dari bumper depan dan kap mesin mobil seharga 30.750 dolar AS ini bermaterialkan serat karbon beneran, lho. Dengan air dam superlebar dan air scoop pada engine hood menambah citra sedan ini racing tulen.

Itu beru depan! Mari kita pindah ke belakang. Bokong Red Bold Geisha yang semok menjadi perhatian. Sayap superlebar juga bermaterial serat karbon, bukan sekedar gaya. Jelas, desainnya itu berpengaruh pada daya cengkeram yang dikolerasi dengan rear air diffuser, sehingga menjadi stabil.

Makin sangarnya, pemakaian knalpot ganda dari Mugen yang berdiameter 5 inci membuat suara Geisha kian sangar dan memacu adrenalin. Lalu, perhatikan lampu stop yang menyatu dengan rear air diffuser. Lampu LED yang diaplikasi dari Civic Mugen RR ini mengadopsi teknologi F1. Kalau dihitung terdapat sekitar 42 lampu LED.

Mugen sengaja mengaplikasi lampu stop ala F1, selain menegaskan aura sedan kencang, tuner yang bermarkas di Saitama, Tokyo juga mengutamakan safety. Boleh ditiru oleh para pemodifikasi domistik.

Bodi sudah dipermak bahkan kesan sedan kencang pun sudah ditonjolkan. Bagaimana dengan mesinnya? Aroma mobil balap terpancar begitu kap mesin dibuka. Ternyata, nggak cuma bodi yang dibaluti serat karbon, tapi juga dapur pacunya.

Kalau mau dibandingkan dengan FD2 konvensional, punya Mugen ini jauh lebih dahsyat.
Paket porting dan polishing, camshaft racing, header, muffler serta ECU oleh Mugen membuat mesin yang memiliki torsi 218Nm/7.000 rpm bisa dibejek sampai 200 km/jam dengan mudah.

Karena tenaga dapur pacu sudah didongkrak, mau tak mau suspensi juga dibenahi agar kala manuver di tikungan tetap stabil. Mugen memasok sistem suspensi yang mampu meredam keganasan Geisha.

Saat diajak bermanuver, pengemudi sangat yakin bisa membetot tenaga Civic ini. Keyakinan ini didukung faktor safety yang bagus, terutama dari jok Mugen yang terbuat dari bahan serat karbon dengan desain racing.Plus sistem penghenti laju yang ditanam dari merek Brembo.

Manta..aaap! (Andri)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com