Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Cody/Sean Memimpin Sementara Rali Nasional di Balikpapan

Kompas.com - 16/11/2008, 08:39 WIB

BALIKPAPAN, MINGGU – Pasangan pereli Serge Rally Team Cody Crocker/Sean Gelael memimpin hari pertama putaran terakhir Gudang Garam International Rally Indonesia 2008 yang berlangsung di kawasan Perkebunan Akasia, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (15/11). Pasangan yang turun dengan Subaru WRX N12B ini berhasil menyelesaikan enam special stage (SS) dengan total waktu 51 menit 43.33 detik.

Cody/Sean sebelumnya memang difavoritkan bakal menjuarai putaran terakhir ini meski Cody baru pertama kali tampil di seri kejurnas selain di Makassar, Sulawesi Selatan, yang juga merupakan seri APRC. “Saat ini saya tidak mengalami masalah, baik dengan lintasan maupun dengan mobil,” kata Cody seusai menyelesaikan SS-3.

Sementara itu, sang navigator, Sean, mengakui bahwa penampilan juara seri APRC 2007 dan 2008 itu sangat luar biasa dan ia merasa enjoy bersamanya. “Jauh berbeda dengan saat saya bersama David Maslaz. Tentu saja saya dan Cody akan berusaha memenangi lomba,” katanya.

Khusus untuk Sean, kemenangan memang mutlak dibutuhkan untuk meraih gelar navigator nasional. Sampai saat ini Sean dan navigator Rizal Sungkar, yakni Anthony Sarwono, sama-sama memiliki poin kembar, 45.

Catatan waktu Cody/Sean memang sangat fantastis, di mana mereka mampu meninggalkan pesaing dekatnya, Rifat Sungkar/Bill Hayes, dengan dua menit. Rifat/Hayes sendiri menorehkan total waktu 53 menit 44,65 detik.

Menurut Rifat, jeleknya catatan waktu yang diraihnya itu karena bodi Subaru Imprezza WRX-nya terlalu tinggi sehingga saat menikung bagian belakang bodi mobilnya sulit untuk diajak kompromi. “Namun, no problem. Yang jelas, target saya di putaran ini cukup tiga besar saja,” tandas pereli Gudang Garam Pertamax Rally Team ini.

Posisi ketiga ditempati pasangan pereli Pertamina Prima XP Rally Team, Rizal/Anthony, yang mencatatkan waktu 54 menit 8,36 detik. Seperti juga Anthony, kemenangan juga mutlak dibutuhkan Rizal jika ingin menjadi juara nasional 2008. Ini pun dengan catatan, Rifat finish di posisi ketujuh di hari kedua lomba Minggu (16/11).

Sementara itu, andalan Serge-Rally Team Ricardo Gelael/Hervian Soejono menempel di urutan keempat dengan total waktu 54 menit 24,01 detik. Pasangan ini masih berpeluang untuk meraih posisi runner up nasional asalkan mampu "menggebuk" Rizal/Anthony. Dan, ini mungkin saja terjadi jika pada lomba terakhir esok yang menyisakan lima SS mereka berhasil memperbaiki peringkatnya. “Kenapa tidak?” kata Hervian.

Pagi ini para peserta akan menjalani etape terakhir dengan menyelesaikan beberapa SS. (Yuhardin)

Hasil Lomba Hari Pertama:
1. Cody Crocker/Sean Gelael 51 menit 43,33 detik
2. Rifat Sungkar/Bill 53 menit 44,65 detik
3. Rizal Sungkar/Anthony Sarwono 54 menit 8,36 detik
4. Ricardo Gelael/Hervian Soejono 54 menit 24,01 detik
5. Subhan Aksa/Hade Mboi 54 menit 49,14 detik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com