Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Peralatan Darurat yang Wajib Ada di Mobil Saat Dipakai Libur Nataru 2023

Kompas.com - 24/12/2023, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menjadi momen yang banyak ditunggu oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang memiliki rencana bepergian menggunakan mobil pribadi, baik untuk berwisata, maupun mengunjungi sanak saudara di kampung halaman.

Saat berkendara menggunakan mobil, ada baiknya pengemudi selalu membawa peralatan darurat. Sebab, kecelakaan bisa datang kapan saja.

Setidaknya ada empat peralatan darurat yang sebaiknya dibawa oleh pengendara mobil.

Baca juga: Alasan Motor Listrik Honda EM1 e: Dijual Setara Harga PCX 160

Perawatan ban cadangan mobilDicky Aditya Wijaya Perawatan ban cadangan mobil

1. Ban cadangan

Ban merupakan salah satu bagian paling penting yang bisa membuat mobil berjalan dengan baik. Untuk itu, sangat penting membawa kunci-kunci untuk membuka roda, ban cadangan dan dongkrak.

Agar, jika terjadi ban bocor di perjalanan kita bisa mengganti ban tersebut dan melakukan perjalanan.

Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalanshutterstock Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalan

2. Segitiga pengaman

Segitiga pengaman merupakan salah satu piranti keselamatan yang wajib ada di dalam mobil, sebab akan sangat berguna ketika kendaraan mengalami kondisi darurat seperti mogok atau pecah ban.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, berkendara harus siap menghadapi kondisi-kondisi yang tidak terduga, misal rusak, berhenti, ganti ban dan lainnya.

“Pastikan peralatan keamanan harus ada dari A sampai Z. Segitiga pengaman terlihat remeh tapi fungsinya sangat vital, seperti untuk mengamankan lokasi atau unit dan berkomunikasi dengan pihak lain, artinya sebagai rambu-rambu yang terbaca,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ilustrasi kotak P3K.SHUTTERSTOCK / Pat_Hastings Ilustrasi kotak P3K.

Baca juga: Mengenal Karakter Lampu Mobil Serta Keunggulannya

3. Kotak P3K
Kotak P3K juga tidak kalah penting, di dalamnya terdapat berbagai alat bantu medis, mulai dari cairan pembersih luka, kain kasa atau perban, gunting kecil dan obat-obatan lainnya.

4. Alat komunikasi
Terakhir adalah alat komunikasi. Ini juga tidak kalah penting, tentunya agar dapat memberi kabar pada kerabat atau orang lain mengenai kondisi kita jika terjadi sesuatu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com