Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Konsumsi BBM Toyota Yaris Cross Standar dan Hybrid

Kompas.com - 15/11/2023, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas perbedaan eksterior dan interior. Tim redaksi kali ini membahas tentang performa dan konsumsi bahan bakar dari All New Toyota Yaris Cross standar dan hybrid.

Kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin dengan kapasitas 1.500 cc. Untuk Toyota Yaris Cross non hybrid dibekali mesin 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 104,6 Tk dan torsi 138 Nm.

Sementara untuk yang versi hybrid dibekali mesin dengan kode 2NR-VEX yang mampu menghasilkan tenaga 90 Tk dan torsi puncak 121 Nm. Adapun motor elektriknya punya ekstra tenaga 79 Tk dan torsi 141 Nm.

Baca juga: PO Mutiara Abadi Rilis Bus Pariwisata, Punya Fasilitas Smoking Area

Konsumsi BBM

Bicara soal konsumsi BBM, tim redaksi sempat melakukan pengetesan pada Toyota Yaris Cross standar dan hybrid.

Metode pengujian dilakukan secara sederhana, yakni dengan berkendara berkeliling Jakarta dengan jarak dan gaya berkendara sehari-hari.

Sedangkan pengukuran berpatok pada multi information display (MID) yang ada pada panel instrumen dan diisi dengan bahan bakar RON 92.

Hasil konsumsi bahan bakar Toyota Yaris Cross standar mendapatkan angka 10,1 kilometer per liter (Kpl), setelah menempuh jarak 60 Km.

Toyota Yaris CrossKOMPAS.com/Adityo Wisnu Toyota Yaris Cross

Kondisi jalan yang dilalui didominasi kemacetan pada jam pulang kantor dengan rute dari Jakarta Barat, Selatan, lalu lanjut ke Jakarta Timur.

Sedangkan hasil konsumsi bahan bakar Toyota Yaris Cross Hybrid mencapai 24,5 Kpl dengan total jarak tempuh 127 Km. Angka tersebut didapat usai berkendara di kondisi jalan yang cukup padat dan jalur bebas hambatan.

Berdasarkan hasil konsumsi BBM, Yaris Cross hybrid memang jauh lebih irit ketimbang versi non hybrid. Namun, tentu saja hasil tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Akibat Mobil Jarang Isi BBM Full Tank

Mulai dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com