Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Motor Listrik NIU Gova 03 Lebih Murah Pakai Baterai Oyika

Kompas.com - 24/10/2023, 17:02 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – NIU Gova 03 jadi salah satu motor listrik termurah yang dikeluarkan Utomocorp. Selain dipasarkan lewat APM resmi, produk ini juga ditawarkan oleh penyedia baterai Oyika.

Menariknya, harga yang ditawarkan Oyika untuk NIU Gova 03 lebih murah, sekitar Rp 18,9 juta on the road (OTR) Jakarta. Sementara NIU Gova 03 sekitar Rp 23,815 juta OTR Jakarta.

“Itu memang kita menjual secara B2B, kita jual perangkatnya saja, baterainya sendiri bukan dari kita. Dan mereka programnya bukan jualan, tapi rental dengan aplikasi dan baterainya,” ujar Denny Utomo, CEO Utomocorp, kepada wartawan di Jakarta (23/10/2023).

Baca juga: Waktu yang Tepat Memindahkan Tuas Transmisi Matik ke Gigi Rendah

Harga NIU Gova 03 di Oyika lebih murah dari yang dijual oleh Utomocorp. Bisa demikian sebab konsumen hanya membeli motor sedangkan baterainya model sewa ke Oyika.KOMPAS.com/Dio Harga NIU Gova 03 di Oyika lebih murah dari yang dijual oleh Utomocorp. Bisa demikian sebab konsumen hanya membeli motor sedangkan baterainya model sewa ke Oyika.

“Memang kita ada kerja sama dengan mereka. Jadi jual unitnya tanpa baterai, dengan spesifikasi yang mereka minta juga,” kata dia.

Selain memiliki perbedaan dari sisi baterai, Denny mengatakan, perubahan juga dilakukan dari sisi daya listrik dan tenaga yang dihasilkan.

“Jadi di sana ada wattage yang berkurang, dan power yang berkurang daripada normalnya. Sesuai dengan wattage kapasitas baterai yang mereka pakai sendiri, lebih kecil baterainya,” ucap Denny.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Pasang Dashcam Sebaiknya di Bengkel Spesialis

Seperti diketahui, baterai Gova 03 yang aslinya adalah model tanam. Lalu baterai ini dimodifikasi oleh Oyika agar bisa pakai model swap.

Jadi ketika daya baterai habis, konsumen nantinya tinggal tukar pakai baterai di stasiun swap yang dibuat Oyika.

“Kenapa bisa lebih murah? Itu satu hal, saya rasa itu ada subsidi silang antara Oyika sendiri. Dia melihat bisnisnya adalah rental, bisnisnya adalah charging. Dan itu adalah satu strategi mereka untuk mencoba pasar listrik ini,” kata Denny.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com