Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Fokus Garap Pasar EV

Kompas.com - 23/09/2023, 16:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) disebut akan mempercepat produksi kendaraan listrik, termasuk merek Lexus sebagai respons atas pesatnya perkembangan elektrifikasi pada kendaraan bermotor guna mencapai netralitas karbon.

Dilansir Reuters pada Sabtu (23/9/2023), pabrikan otomotif Jepang ini menargetkan bisa mencapai kapasitas produksi tahunan lebih dari 600.000 mobil listrik pada 2025 secara global.

Kemudian, perseroan juga membuat target untuk dapat menjual 1,5 juta kendaraan listrik setiap tahun pada 2026, dan 3,5 juta pada 2030.

Baca juga: LSUV Terlaris Agustus 2023: Rush Berkuasa, Stargazer X Melesat

Pabrik Toyota Australia.Motoring.com.au Pabrik Toyota Australia.

Tahun lalu, Toyota menjual kurang dari 25.000 kendaraan listrik secara global, termasuk merek Lexus. Perusahaan berupaya meningkatkan produksi mobil listrik menjadi sekitar 150.000 unit pada 2023 dan secara bertahap ditinggatkan hingga sekitar 190.000 unit pada 2024.

Pada paruh pertama tahun ini, Toyota mencatatkan penjualan mobil sebanyak 4,9 juta unit secara global. Jumlah tersebut mengalami peningkatan 5,1 persen dibanding dengan periode yang sama di tahun sebelumnya dengan total 4,7 juta unit.

Penjualan mobil global Toyota naik 10 persen menjadi 898.947 unit pada Juni 2023. Peningkatan ini didukung meningkatnya permintaan, termasuk kendaraan listrik seperti hybrid, di pasar utama seperti Amerika Serikat dan Eropa.

Lebih jauh, dari seluruh kendaraan yang terjual itu, mobil hybrid mencangkup 292.131 unit atau naik 37,6 persen YoY. Jumlah tersebut terhitung hanya sepertiga dari total jumlah kendaraan yang terjual di seluruh dunia bulan lalu.

Baca juga: BPKB Elektronik Sarat Teknologi Canggih Demi Mempercepat Pelayanan

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Pada Juni 2023, Toyota menjual 10.191 kendaraan listrik baterai di seluruh dunia, termasuk merek Lexus sekitar 5.000 unit. Ini membuat total mobil listrik yang dijual Toyota di paruh pertama 2023 menjadi 46.171 unit.

Sebelumnya, Toyota akan berinvestasi sekitar 5 triliun yen untuk mengejar target 3,5 juta unit mobil listrik di akhir dekade ini.

Toyota menilai perlunya investasi dalam jumlah besar untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat serta mencapai pertumbuhan jangka menengah dan panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com