Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Terbaru Mini Electric Meluncur, Jarak Tempuh Lebih Jauh

Kompas.com - 04/09/2023, 18:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mini resmi meluncurkan generasi terbaru dari Mini Electric. Mobil listrik pertama Mini ini sekarang punya jarak tempuh yang lebih jauh dari pendahulunya.

Pada bagian eksterior, tampilannya cukup sederhana hingga banyak orang yang tidak menyadari kecanggihan mobil ini. Tapi, begitu masuk ke dalam kabinnya, baru kesan canggihnya terlihat.

Baca juga: Spesifikasi Mini Electric Terlaris di Indonesia

Bagian luarnya juga dibuat lebih aerodinamis. Mini mengklaim koefisien drag yang dihasilkan ada di angka 0,28. Sehingga, penggunaan dayanya bisa lebih efisien dengan minim hambatan angin.

Mini Electric generasi terbaruDok. Mini Mini Electric generasi terbaru

Mini Electric ditawarkan dalam dua varian, yakni tipe E dan tipe SE. Untuk tipe E, tenaga yang dihasilkan mencapai 181 tk dan torsinya 290 Nm. Sementara tipe SE, tenaganya 215 tk dengan torsi 329 Nm.

Untuk tipe E, memiliki kemampuan akselerasi 0-100 kilometer per jam dalam 7,3 detik. Sedangkan tipe SE, lebih cepat lagi dengan waktu 6,7 detik.

Baca juga: [VIDEO] Begini Rasanya Nyetir MINI Electric

Mini Electric sebelumnya memiliki jarak tempuh hanya sekitar 232 kilometer. Sedangkan generasi terbaru ini, diklaim memiliki daya jelajah yang lebih jauh dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

Mini Electric generasi terbaruDok. Mini Mini Electric generasi terbaru

Untuk tipe E, dibekali baterai berkapasitas 40,7 kWh, yang mampu menempuh jarak hingga 307 kilometer. Sedangkan tipe SE, baterainya berkapasitas 54,2 kWh, yang memiliki daya jelajah hingga 403 kilometer.

Dasbor mobil listrik ini didesain lebih bersih dan minimalis, tapi di satu sisi tetap terkesan futuristik. Panel meter dibuat dengan model heads-up display (HUD).

Pengaturan lain dapat dilakukan melalui tombol di setir dan tuas yang berada di belakang setir. Jadi, semua dipusatkan di area pengemudi.

Mini Electric generasi terbaruDok. Mini Mini Electric generasi terbaru

Layar bulat berukuran besar yang berada di tengah dasbor menampilkan berbagai pengaturan dan sistem menu yang berhubungan dengan kendaraan. Kemudian, di bawahnya terdapat beragam tombol untuk berbagai fitur di dalam mobil.

Uniknya, Mini Electric terbaru ini memiliki mode Go-Kart. Dengan mode ini, laju mobil jadi lebih cepat. Untuk mode berkendara yang lebih irit, tetap tersedia Green Mode.

Sayangnya, Mini masih belum mengungkapkan berapa banderol yang dipasang untuk mobil listrik terbarunya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com