Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Hyundai Lansir Stargazer X Memperluas ke Segmen LSUV

Kompas.com - 29/08/2023, 11:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Selain Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) segmentasi SUV kelas bawah atau LSUV punya pasar yang besar di Indonesia. Karena itu pabrikan mobil berlomba masuk dan mendulang penjualan di segmen ini.

Salah satu yang tak mau melewatkan riuhnya segmen LSUV ialah Hyundai. Merek asal Korea Selatan itu resmi melansir Hyundai Stargazer X di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, yang berlangsung 11-20 Agustus lalu.

Baca juga: Apakah Fasilitas Reparasi Sasis dan Kabin Fuso Terima Merek Lain?

Stargazer X merupakan pengembangan dari Stargazer yang berada di segmen LMPV. Konsepnya serupa dengan rival asal Jepang yang sudah lebih dulu pakai strategi sama yaitu Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross.

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Adityo Wisnu Hyundai Stargazer X

Astrid A Wijana, Head of Marketing PT Hyundai Motor Indonesia (HMID), mengatakan, soal segmentasi Stargazer X dapat dilihat dari pengelompokan yang dibuat oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Sebenarnya kalau kita lihat dari Gaikindo pun pasti akan dikategorikan di cross ya, yang mana itu karena bicaranya di LSUV ini kalau melihat dari segmentasi yang sudah dibentuk pemain terbaru," ujar Astrid di Solo, Jawa Tengah, Senin (28/8/2023).

Astrid mengatakan, Stargazer X hadir untuk konsumen yang berbeda. Lebih jauh Hyundai ingin mengakomodir pasar yang lebih luas karena kebutuhan konsumen terus berkembang.

"Prinsipnya kalau dari segi kami alasan utama kenapa kami LSUV saja karena untuk memenuhi kebutuhan cover yang ada jadi pada saat Hyundai meluncurkan Stargazer kemudian kami melihat ada kebutuhan klaster konsumen yang mau tampilan kendaraan tetep nyaman tapi juga lebih dinamis lebih sporty makanya kenapa (Stargazer) X muncul," katanya.

Baca juga: Permintaan Kendaraan Listrik Makin Bertambah Berkat Insentif PPN

Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023 KOMPAS.com/Claudia Hyundai Stargazer X di GIIAS 2023

"Dengan berbagai perubahan yang kami harap dapat memenuhi beberapa target konsumen sehingga pada dasarnya karena targetnya berbeda ya prinsipnya supaya saling terpenuhi daripada hanya satu saja yang diakomodasi kenapa kami tidak akomodasi yang satu cluster berikutnya," ujar Astrid.

Meski secara tampilan Stargazer X lebih tangguh dan dinamis ketimbang Stargazer, perubahannya tidak banyak. Secara umum, perbedaannya hanya ada di tampilan eksterior dan interior, dimensi, serta pelek lebih besar.

Secara dimensi, Stargazer X memiliki perubahan, di mana lebih besar baik dari panjang (+36 mm), lebar (+35 mm), sampai tinggi (+15 mm) dan ground clearance-nya (+5 mm) dari Stargazer biasa. Namun, wheelbase mobil tetap.

Baca juga: KNKT Sedang Hitung Kasus Rangka eSAF Honda yang Bermasalah

Hyundai Stargazer XKOMPAS.com/Gilang Hyundai Stargazer X

Mesinnya menggunakan Smartstream G1.5L seperti Stargazer, mobil mampu menghasilkan daya maksimum 113,4 Tk dan torsi puncak 143,8 Nm, daya tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi CVT.

"Which is (konsumen Stargazer X ialah) yang butuh tampilan yang lebih sporty dinamis tapi juga mereka tetap tidak mau mengorbankan keinginan mereka untuk mendapatkan kursi nyaman dan juga akomodasinya," kata Astrid.

"Karena kalau misalnya kita bicara dari cross segmen ya kemudian karena mereka butuh pilihan untuk menampung 6 atau 7 orang (penumpang) dalam kendaraan itulah kenapa akhirnya segmen ini muncul," kata Astrid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com