Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pengendara Motor Tewas Tertabrak di JLNT Casablanca | Kijang Kapsul SSX 1997 Jadi Barang Langka, Harganya Tembus Rp 160 Juta

Kompas.com - 29/06/2023, 06:49 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta Selatan, kembali terjadi. Video kecelakaan tersebut viral di media sosial, salah satunya diunggah oleh akun Instagram bernama @merekamjakarta, Selasa (27/6/2023).

Kecelakaan terjadi saat sekelompok remaja konvoi dan melintasi JLNT Casablanca. Korban terlihat tergeletak di jalan. Beberapa pengendara memarkirkan motor untuk melihat kondisi korban. Namun, sejumlah pengendara lainnya terlihat langsung meninggalkan lokasi kejadian.

Selain itu,  Toyota Kijang Kapsul dianggap sebagai salah satu mobil tua (motuba) yang ramah bagi pengguna pemula dan tidak manja.

Perawatan mudah dan suku cadang gampang dicari jadi pertimbangan utama yang membuat mobil tua ini banyak digandrungi penghobi.

 Baca juga: Versi Produksi Mitsubishi XFC Segera Meluncur, Memang Lagi Tes Jalan

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 28 Juni 2023

1. Pengendara Motor Tewas Tertabrak di JLNT Casablanca

Kasi Laka Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Diella Kartika menjelaskan, kejadian bermula saat pengendara sepeda motor yang tidak diketahui identitasnya menuju dari arah barat ke timur JLNT Casablanca.

Sesampainya di depan Mall Ambasador, pengendara tersebut menabrak bodi belakang Honda Vario milik SA.

Baca juga: Pengendara Motor Tewas Tertabrak di JLNT Casablanca

2. Kijang Kapsul SSX 1997 Jadi Barang Langka, Harganya Tembus Rp 160 Juta

Kijang Kapsul SSX lansiran 1997 jenis Diesel jadi model ter-gaibKompas.com/Daafa Kijang Kapsul SSX lansiran 1997 jenis Diesel jadi model ter-gaib

Harganya pun terbilang cukup stabil, mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 70 juta. Kendati demikian, ada satu varian Kijang Kapsul yang dianggap gaib di kalangan penghobi, yakni model SSX lansiran 1997 berjenis Diesel.

Tri Hari Setiawan, Anggota Senior sekaligus teknisi Kijang Kapsul Community Indonesia (KKCI) Jakarta mengatakan, model ini pada awalnya kurang diminati, tapi popularitasnya mendadak naik dalam kurun beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Kijang Kapsul SSX 1997 Jadi Barang Langka, Harganya Tembus Rp 160 Juta

3. Dampak Buruk Menyalakan atau Mematikan AC Mobil Saat Putaran Mesin Tinggi

Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnyaKompas.com/Erwin Setiawan Kompresor AC yang terendam air bisa macet pada bagian magnetic clutchnya

Kompresor AC mobil terdiri dari dua bagian, yaitu puli dan komponen utama. Keduanya disatukan oleh magnetic clutch sebagai pengatur putaran kompresor.

Ketika magnetic clutch aktif maka kopling akan membuat puli dan komponen utama kompresor berputar seirama dengan putaran mesin. Rupanya dari prinsip kerja tersebut ada pantangan bagi pengguna mobil untuk menghidupkan atau mematikan AC pada saat putaran mesin tinggi.

Baca juga: Dampak Buruk Menyalakan atau Mematikan AC Mobil Saat Putaran Mesin Tinggi 

4. Libur Idul Adha 2023, Tidak Ada Ganjil Genap Jakarta Hari Ini

28 jalan di Jakarta terkena aturan ganil genapdoc. Jakarta 28 jalan di Jakarta terkena aturan ganil genap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com