Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

One Way Mudik Diterapkan sampai Pintu Keluar Tol Bawen

Kompas.com - 20/04/2023, 07:12 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

SEMARANG, KOMPAS.com - Kepadatan pemudik di Gerbang Tol Kalikangkung meningkat, Rabu (18/4/2023) sore. Pihak kepolisian memberlakukan one way atau lajur satu arah hingga pintu keluar Tol Bawen. 

Dirlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, puncak arus mudik Lebaran ini terjadi mulai Selasa, (18/4/2023), sampai dengan Jumat (21/4/2023).

"Kendaraan pemudik dari Jabodetabek sudah padat mulai pukul 14.00 WIB," kata Agus kepada Kompas.com, Rabu (19/4/2023). 

Baca juga: One Way Berlaku Mulai Km 68 Tol Cikampek sampai Kalikangkung

Untuk mengurai kemacetan, kata dia, one way lokal Kalikangkung-Bawen mulai diberlakukan sejak pukul 16.30 WIB. 

Sejumlah kendaraan roda empat melaju saat pemberlakuan kebijakan satu arah setelah melewati Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Sejumlah kendaraan roda empat melaju saat pemberlakuan kebijakan satu arah setelah melewati Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Trans Marga Jateng selaku pengelola Tol Semarang - Solo bersama pihak kepolisan memberlakukan kebijakan situasional satu arah dari gerbang tol tersebut menuju interchange Bawen sebagai upaya mengurai kepadatan kendaraan dari arah Jakarta yang akan menuju ke sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Lanjut terus sampai dini hari dan akan diperpanjang sampai puncak arus mudik," kata Agus. 

Baca juga: H-4 Lebaran, 714.794 Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Pihaknya telah berkoordinasi dengan petugas di Gerbang tol Krapyak, Banyumanik dan Bawen untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. 

"Jalur ke arah barat sudah di sterilkan sampai Bawen. Hingga dini hari di tutup total untuk menghindari kemacetan yang parah," ucap Agus. 

Menurutnya, one way lokal Jawa Tengah itu akan diperpanjang hingga ke Boyolali jika pemudik yang menuju ke arah timur jumlahnya bertambah beberapa jam ke depan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com