Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Harga Mobil Bekas yang Sudah Disuntik Mati

Kompas.com - 01/08/2019, 11:42 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang sudah disuntik mati alias tidak lagi dijual oleh produsen otomotif di Indonesia, cukup banyak. Rata-rata pernah populer, seperti Honda Freed, Suzuki Swift, Chevrolet Spin, hingga Captiva.

Namun, model mobil itu untuk di pasar mobil bekas (mobkas) masih banyak dicari oleh konsumen. Lantas, berapa harga jualnya sekarang ini?

Baca juga: Alasan Produsen Otomotif Suntik Mati Mobil-mobil Ini

Tim Kompas.com melakukan survei dengan menghubungi beberapa penjual mobil bekas di wilayah DKI Jakarta, hingga mengunjungi situs jual-beli mobil bekas. Berikut daftar harganya:

Honda Freed

Honda Freed facelift yang sudah dikenalkan di Jepang.Honda Honda Freed facelift yang sudah dikenalkan di Jepang.

MPV pintu geser Honda ini di pasar mobil bekas, harganya sangat bervariasi, tentunya tergantung tipe, kondisi dan juga tahun produksi.

Sebagai contoh Freed 2010 dijual kisaran Rp 120 jutaan hingga Rp 130 jutaan. Rakitan 2012 antara Rp 140 jutaan hingga Rp 150 jutaan. Tahun paling muda, yaitu 2015 sekitar Rp 205 jutaan, tergantung varian.

"Tergantung kondisi sama varian, tetapi kisarannya untuk Freed sekarang itu sekitar itu. Peminatnya juga lumayan cukup bagus," kata Hendrik salah satu pedagang mobil bekas di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua saat dihubungi Kompas.com, Kamis (1/8/2019).

Suzuki Swift

Suzuki Swift dengan tambahan aksesoriOtomania/Setyo Adi Suzuki Swift dengan tambahan aksesori

Hatchback ini juga masih cukup banyak dicari oleh konsumen di pasar mobil bekas. Banderolnya pun beragam, mulai di bawah Rp 100 juta untuk produksi 2005, hingga Rp 150 jutaan untuk produksi 2016 atau 2017.

"Peminatnya lumayan, harganya turun dan memang tergantung tipe dan varian juga," ucap Heru pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua.

Chevrolet Spin

Chevrolet Spin mejeng di pameran otomotif India, Auto Expo 2016.Indianautosblog Chevrolet Spin mejeng di pameran otomotif India, Auto Expo 2016.

LMPV andalan Chevrolet ini tidak banyak peminat seperti model lain yang sudah disuntik mati. Spin di pasar mobil bekas harganya pun relatif anjlok, karena dari sisi suku cadang dan pabrik tidak lagi ada di Indonesia.

"Ada yang pernah jual di bawah Rp 100 juta untuk produksi 2013. Paling mahal sekitar Rp 120 jutaan, itu pun unitnya jarang sekalai," kata Heru lagi.

Toyota Etios Valco

Etios Valco resmi tak diproduksi lagi di Indonesia per Oktober 2017.Ghulam/KompasOtomotif Etios Valco resmi tak diproduksi lagi di Indonesia per Oktober 2017.

Salah satu model Toyota ini juga di pasar mobil bekas tidak punya peminat yang begitu banyak. Harganya pun relatif terjangkaun, karena dijual di bawah Rp 100 jutaan.

"Untuk tahun 2013 ada yang di bawah Rp 100 juta, ada juga yang tahun 2014 dijual Rp 105 jutaan, tergantung kondisi dan tahun," ucap Hendrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com