Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Knalpot Mobil Keluar Air di Pagi Hari

Kompas.com - 04/07/2019, 16:30 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian pemilik mobil mungkin sering megalami fenomena air yang menetes keluar dari lubang knalpot. Biasanya kondisi ini kerap terjadi ketika sedang memanaskan mesin di pagi hari.

Lantas apakah hal tersebut menandakan adanya suatu masalah seperti kebocoran, atau justru sesuatu yang normal terjadi dalam kondisi-kondisi tertentu?

Menjawab hal ini, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, menjelaska bila keluarnya air dari lubang knalpot merupakan hal yang lazim, bukan menjadi suatu hal yang perlu dikhawatirkan pemilik mobil.

Baca juga: Mengenal Fitur Overdrive di Mobil Matik

"Itu wajar saja, justru bagus karena menandakan mesin bekerja dengan baik. Air yang keluar dari knalpot itu bukan karena kebocoran, tapi akibat adanya proses penguapan atau kondensasi saat mobil terparkir lama," ucap Didi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2019).

Air menetes dari lubang kenalpotyoutube.com Air menetes dari lubang kenalpot
Didi menjelaskan kondensasi terjadi di dalam pipa knalpot karena materialnya merupakan besi. Proses pengembunannya sendiri umum terjadi ketika mobil parkir saat malam hari.

Ketika di pagi hari mesin dihidupkan, embun yang mengendap di dalam pipa akan terkena dorongan hawa panas dari pembakaran mesin. Seketika itu juga embun akan berubah bentuk menjadi cair dan keluar dari lubang gas buang mobil.

"Biasanya ini terjadi tegantung dari cuaca, ketika cuacanya dingin maka intensitasnya bisa tiap hari. Tapi balik lagi, itu hal yang normal dan bukan menjadi tanda adanya masalah pada mesin," ucap Didi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com