Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Produk Baru, Daihatsu Andalkan MPV Hybrid di GIIAS 2019

Kompas.com - 14/06/2019, 13:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila Toyota akan meluncurkan mobil hibrida terbaru di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), PT Astra Daihatsu Motor (ADM) justru hanya akan mengenalkan mobil konsep berteknologi hybrid, berstatus word premiere pada pameran yang dihelat pertengahan Juli 2019 mendatang.

Hal ini ditegaskan oleh Marketing Director ADM Amelia Tjandra. Menurut wanita yang akrab disapa Amel ini, Daihatsu tidak ada rencana untuk meluncurkan mobil baru di GIIAS, tetapi akan membawa mobil konsep yang belum pernah dihadirkan sebelumnya.

"Kita hanya akan world premier concept car saja seperti yang waktu itu sudah dijelaskan. Jadi ada satu mobil hybrid dengan jenis multi purpose vehicle (MPV) yang baru pertama kali akan kita kenalkan di GIIAS, ini lebih dulu dari Tokyo Motor Show (TMS)" ujar Amel kepada Kompas.com, Kamis (13/6/2019).

Baca juga: Toyota dan Daihatsu Siap Produksi Mobil Hybrid di Indonesia

Saat ditanya apakah kehadiran MPV hybrid tersebut merupakan bentuk dari rencana kolaborasi Daihatsu dan Toyota yang sebelumnya dikabarkan bakal memproduksi SUV dan MPV hybrid di Indonesia pada 2022 mendatang, dengan tegas Amel membantah hal tersebut.

"Untuk produk hybrid dan rencana dengan Toyota pada waktunya nanti akan saya berikan jawaban," ucap Amel.

All-New Terios Custom di GIIAS 2018.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI All-New Terios Custom di GIIAS 2018.
Namun demikian, Amel tak menampik bila kehadiran konsep MPV hibrida dalam pameran GIIAS juga menjadi salah satu upaya untuk melihat respons dan animo masyarakat Indonesia, khususnya para pengunjung pameran terhadap kendaraan hibrida yang diklaim ramah lingkungan.

Walau tidak ada produk baru, tapi untuk meramaikan pameran dan mendongkrak penjualan, Amel megatakan bila Daihatsu akan meluncurkan beberapa produk limited edition seperti pameran di tahun-tahun sebelumnya. Untuk unitnya pun menggunakan model yang sudah dipasarkan sebelumnya.

Baca juga: Reaksi Toyota soal Produksi Mobil Hybrid Bersama Daihatsu

"Kita luncurkan limited edition dari current model yang sudah dipasarkan. Seperti apa model edisi terbatasnya, nanti akan kita lihat," kata Amel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com