Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Keluhkan Yamaha M1 2019 Loyo di Trek Lurus

Kompas.com - 20/05/2019, 03:49 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

LE MANS, KOMPAS.com - Valentino Rossi tidak puas dengan raihan di GP Le Mans 2019. Meski dengan segala pembaruan di Yamaha M1 2019, Rossi mengatakan, motornya kini memiliki satu masalah lagi ,yaitu tak sekencang kompetitor.

Juara Dunia 9 kali itu mengatakan, M1 2019 sudah mengalami peningkatan dibanding musim lalu. Tapi peningkatan ini tak cukup, sebab lawan juga berkembang dan di beberapa sisi justru mengalami peningkatan pada tenaga mesin.

Baca juga: Dimas Ekky Gagal Finish di Moto2 Le Mans

"Balapan yang sulit. Saya beruntung start dari posisi depan dan mulai start tidak terlalu buruk. Saya sudah coba semaksimal mungkin. Tapi tetap tidak cukup cepat. Saya kehilangan waktu di trek lurus dan saat akselerasi di tikungan tajam," kata Rossi melansir Crash.net.

Rossi mengatakan, sudah mencoba untuk bisa menempel Ducati di posisi keempat tapi motornya ''tidak lari.'' Dia juga sudah melakukan slipstream dan berjuang untuk berdiri di podium setidaknya posisi ketiga.

"Kami berhasil meningkatkan umur ban. Motornya enak dikendarai, saat pengereman juga. Tapi sepertinya yang lain membuat peningkatan, terutama Honda, dan sekarang perbedaannya sangat besar. Periksa saja daftarnya (top speed) kami (Yamaha) sangat menderita," katanya.

Baca juga: Marquez Persembahkan Kemenangan ke-300 Honda di MotoGP

Rossi mengatakan, aero body yang mencegah ban depan terangkat juga tidak menolong banyak saat balapan. Sebab hal itu berkaitan dengan kelincahan motor, sedangkan yang jadi masalah ialah Yamaha M1 2019 kurang bertenaga.

"Itu peningkatan kecil dalam akselerasi dan itu bagus mencegah wheelie. Tapi kami kehilangan kecepatan. Dalam sejarah, sejak 2004 Yamaha tidak pernah fantastis di trek lurus. Tapi sepertinya tahun ini kita kehilangan sangat banyak,” kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com