Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Tunda Rencana Naikkan Harga Mobil

Kompas.com - 28/11/2018, 10:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berencana untuk menaikan harga mobil pada Desember 2018. Namun, karena nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang rupiah sudah mulai turun, maka ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Informasi itu disampaikan langsung oleh Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Menurut dia, banderol tetap naik, tetapi belum bisa diinformasikan kapan akan dimulai.

"Kita sedang lihat situasi lagi karena dollr AS turun lagi. Jadi kita undur dulu sedikit, sambil melihat kondisi terakhir," ujar wanita yang akrab disapa Amel ketika dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (27/11/2018) malam.

Baca juga: Harga Mobil Daihatsu Naik Lagi

Sebelumnya pada awal bulan ini, ADM mengeluarkan informasi resmi yang menyatakan bahwa akan menaikan banderol mobil dalam waktu dekat.

Faktor utama karena kondisi pelemahan rupiah yang berdampak secara langsung maupun tidak langsung pada biaya produksi, karena sebagian material produksi masih menggunakan kurs dollar AS sebagai acuan di berbagai lini industri, termasuk di sektor otomotif.

Melihat kondisi rupiah yang sulit untuk kembali ke posisi awal, Daihatsu akan menyesuaikan harga jual kendaraan. "Nanti akan kita informasikan lagi kapan waktunya untuk menaikan harga itu," kata Amel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com