Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Belum Terpengaruh Kondisi Rupiah

Kompas.com - 05/09/2018, 18:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi nilai tukar Rupiah terhada dollar US saat ini semakin melemah. Kondisi ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi berbagai industri, salah satunya dari pemegang merek otomotif.

Kawasaki produsen roda dua yang banyak membawa masuk motor-motor sport, bisa jadi terpengaruh dengan nilai tukar saat ini. Namun perkiraan ini dibantah oleh Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Sucipto Wijono.

"Saya bisa bilang, dalam kondisi saat ini Kawasaki belum terpengaruh. Belum ada perubahan terkait kurs rupiah," ucap Cipto saat dihubungi Rabu (5/9/2018).

Cipto mengungkapkan, hal yang mempengaruhi perubahan harga bukan pada nilai tukar mata uang. Soal harga, perubahan terpengaruh dari harga bahan pokok yang naik.

Baca juga: Dua Skutik Kawasaki Punya Warna Baru

"Bahan pokok di sini adalah material untuk memproduksi unit. Selama itu belum naik kita masih belum ubah apa-apa," ujar Cipto.

Cipto juga mengingatkan yang mempengaruhi harga jual langsung ke konsumen adalah kebijakan pajak serta bea balik nama (BBn). Jika kedua faktor tersebut belum berubah maka dari segi harga belum akan berubah.

"Jadi sejauh ini aman. Kawasaki sendiri sedikit berbeda dengan ATPM lain, kita mengkonversi kurs untuk masalah pembiayaan. Tapi ya kita tetap hati-hati karena pasti akan berpengaruh ke daya beli," ucap Cipto.

Kawasaki sendiri selain dikenal dengan motor-motor sport bermesin besar, juga menguatkan produk mereka di motor-motor bermesin kecil. Menurut Cipto ini jadi salah satu strategi menghadapi kondisi saat ini.

"Varian kita cukup aman untuk mengejar segmen bawah. Jadi cukup tenang, meski tetap kita wajib berhati-hati," ucap Cipto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com