Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ompreng.com, Aplikasi Baru buat Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 14/08/2018, 18:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi umum menjadi salah satu jurus ampuh untuk menekan kemacetan lalu lintas. Sayangnya sampai saat ini kesadaran masyarakat untuk menggunakan masih minim, ada yang beralasan malas bersesakan dan lain sebagainya.

Untuk mendorong minat masyarakat menggunakan moda transportasi umum, kini ada aplikasi online karya anak bangsa yang dibuat khusus untuk transportasi umum, yakni Ompreng.com. Menurut Ary Setiyono selaku CEO Ompreng.com, apilikasi yang dibuatnya akan memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum sebagai pengganti kendaraan pribadi.

"Masyarakat penumpang bus akan dimudahkan karena melalui aplikasi ini mereka bisa langsung booking kursi, tracking posisi busnya sedang dimana, sampai melakukan pembayaran secara cashless," ucap Ary saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/8/2018).

Baca juga: Asian Games Jadi Momentum Warga Beralih ke Transportasi Umum

Menurut Ary, salah satu faktor sampai saat ini masyarakat masih enggan menggunakan sarana transportasi umum karena tidak adanya kepastian. Mulai dari ketersediaan tempat duduk sampai waktu menunggu bus.

Dengan adanya aplikasi ini, kekhawatiran masyarakat akan hal tersebut bisa ditangani. Bahkan untuk kedepannya, aplikasi lokal ini juga akan melakukan ekspansi untuk mengandeng jaringan bus lainnya, mulai dengan Jakarta Residential Conexion (JRC) yang digunakan untuk alternatif warga terdampak ganjil-genap di beberapa lokasi, serta bus layanan bus bandara milik Damri, yakni Jakarta Airport Conexion (JAC).

"Harapannya masyarakat ke depan bisa dan mau beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum, dengan begitu akan berkontribusi untuk menekan dan mengatasi kemacetan di Jakarta," kata Ary.

Omprengan.com sediakan bus gratis layani masyarakat nonton Asian GamesIstimewa Omprengan.com sediakan bus gratis layani masyarakat nonton Asian Games
Baca juga: Detail Tiga Paket Kebijakan Transportasi Asian Games

Upaya mensosialisasikan aplikasi ini juga menerima sambutan positif dari pihak Dinas Pehubungan DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Bahkan guna mendukun gelaran Asian Games 2018, Ompreng.com siap menyediakan transportasi gratis bagi masyarakat yang ingin menonton pertandingan.

Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat tak perlu membawa kendaraan pribadinya menuju tempat-tempat pertandingan. Rencananya akan ada 50 bus yang disiapkan dan akan diberangkatkan dari beberapa hotel di Jakarta menuju lokasi pertandingan, untuk melihat detail rute dan waktu keberangkatan, masyarakat dapat mengunduh aplikasi ini di play store dan app store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com