Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur Psikologis Warna “Coppertino” Chevrolet Trax

Kompas.com - 22/03/2018, 17:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com  - General Motors Indonesia (GMI) pada awal Maret 2018 ini baru saja meluncurkan warna baru dari model andalannya Trax, Coppertino Metallic. Ini melengkapi varian yang sudah ada seperti Burning Hot Metallic, Black Meet Kettle Metalic, Switchblade Silver Metallic, Abalone White, Pull Me Over Red, Brown Metallic, dan Gun Grey.

Tak hanya sekedar memberikan variasi pilihan kepada konsumen, ternyata Chevrolet memaknai jenis warna ini cukup dalam. Ada unsur psikologis yang jadi pertimbangan mereka, mengadopsi balutan warna bernuansa copper (tembaga) ini.

Mengutip pernyataan Angela Wright, psikolog warna dan penulis buku The Beginner’s Guide to Colour Psychology, dan pendiri konsultan Colour Affects di London, kalau warna adalah bahasa universal dan berperan sebagai sebuah faktor yang mempengaruhi preferensi.

“Tipe kepribadian tertentu memiliki koneksi dengan warna tertentu, sehingga mempengaruhi keputusan ketika membeli sesuatu, dimulai dari pakaian hingga mobil. Seseorang harus mempercayai intuisi dalam membeli sebuah mobil, karena apa yang mereka kendarai merupakan cerminan kepribadian mereka,” kata Wright.

Baca juga : Dari Pabrik Kerajinan, Chevrolet Trax Coopertino Meluncur

Chevrolet Trax warna Cuppertino yang diluncurkan di salah satu pabrik kerajinan di Jakarta Barat pada Kamis (1/3/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Chevrolet Trax warna Cuppertino yang diluncurkan di salah satu pabrik kerajinan di Jakarta Barat pada Kamis (1/3/2018).

Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs and Communications Director, mengatakan dalam pernyataan resminya, Kamis (2/3/2018), kalau tren warna terbaru Coppertino dengan nuansa tembaga ini, bisa menjadi pilihan menarik, khususnya bagi pelanggan di Indonesia yang ingin nuansa warna kekinian.

Nuansa copper (tembaga) sudah cukup populer, di mana pada 2015 warna Copper Orange telah menjadi Color of the Year 2015 untuk interior dan eksterior desain, oleh AkzoNobel melalui brand Dulux. Terlebih lagi, iPhone 8 sempat dirumorkan akan memiliki varian Copper Gold.

Warna baru Coppertino pada Trax, mencerminkan passion (hasrat), friendship (persahabatan), dan love (kasih sayang). Chevrolet ingin mengajak para pelanggan untuk memiliki “Copper Moment” bersama kendaraan mereka.

“Kini kami terjemahkan menjadi warna di eksterior Chevrolet Trax, kendaraan merupakan bagian ekspresi gaya hidup, dan tentu ada berbagai prioritas yang datang dengan pilihan tersebut.” ujar Krysti Murphy, Lead Designer, GM Global Exterior Color Studio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com