Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Tabrak Sepeda, Pelaku Harusnya Berikan Pertolongan Pertama

Kompas.com - 10/02/2018, 13:20 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com - Pagi tadi sekitar pukul 06.20 WIB, terjadi kecelakaan bermotor di kawasan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Mobil Dodge Journey dengan nomor polisi B 2765 SBM menabrak rombongan sepeda dan satu sepeda motor.

Usai menabrak, pelaku langsung kabur. Namun, bukan melarikan diri untuk menghindar dari masalah, tetapi langsung menyerahkan diri kepada petugas polisi.

Berkaca pada insiden itu, apabila dilihat dari sudut keselamatan berkendara atau lalu lintas, menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, sebaiknya tidak langsung kabur atau menyerahkan diri kepada polisi.

"Tetapi, harusnya orang itu berhenti dulu dan melakukan pertolongan pertama kepada korban," ucap Marcell saat dihubungi KompasOtomotif, Sabtu (10/2/2018).

Baca juga: Dampak Buruk Budaya Main Hakim Sendiri pada Kecelakaan Lalu Lintas

Apabila kondisi korban cukup parah dan tidak bisa melakukan pertolongan langsung, sebaiknya ambil tindakan menghubungi petugas yang berwenang, seperti polisi atau rumah sakit agar korban segera bisa ditangani.

"Setelah ada yang menolong, baru diselidiki kasusnya dan cari siapa sebenarnya yang salah. Mau salah atau benar, apabila kondisinya seperti itu harus tetap berhenti, jangan kabur," ujar Marcell.

Mengamankan Lokasi Kecelakaan

Buat pengendara lain atau warga sekitar, kata Marcell sebaiknya juga jangan hanya diam melihat korban. Alangkah baiknya, ikut membantu mengatur lalu lintas, karena pasti di lokasi itu terjadi kemacetan.

Petugas paramedis menangani para korban yang tertabrak di depan Stasiun Flinders Street. (ABC News/Gus Goswell)
Petugas paramedis menangani para korban yang tertabrak di depan Stasiun Flinders Street. (ABC News/Gus Goswell)

"Jadi jangan hanya diam melihat korban dan main hakim sendiri. Melakukan hal yang positif seperti mengatur lalu lintas, sampai menolong korban lebih baik dan bermanfaat," kata Marcell.

Evakuasi Korban

Pelaku atau masyarakat di sekitar apabila tidak paham dengan prodedur pertolongan pertama setelah kecelakaan sebaiknya jangan langsung mengangkat atau memindahkan korban ke tempat lain. Sebab, bisa memperparah kondisi korban itu sendiri.

"Jadi lakukan pertolongan dengan menghubungi pihak terkait saja atau mengatur lalu lintas jauh lebih penting sampai adanya bantuan pertolongan pertama untuk mengevakuasi korban," ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com