Ketinggian Genangan yang Aman Dilibas Sepeda Motor - Kompas.com

Ketinggian Genangan yang Aman Dilibas Sepeda Motor

Kompas.com - 07/02/2018, 16:42 WIB
Mogok Karena Banjir - Kendaraan warga mogok akibat terkena banjir yang menggenangi kawasan persimpangan Jalan Rumah Sakit dan Jalan Soekarno Hatta, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/11/2016). Banjir ini akibat luapan drainase di sekitar kawasan jalan utama di Kota Bandung tersebut setelah hujan lebat mengguyur Kawasan Bandung Utara.KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Mogok Karena Banjir - Kendaraan warga mogok akibat terkena banjir yang menggenangi kawasan persimpangan Jalan Rumah Sakit dan Jalan Soekarno Hatta, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/11/2016). Banjir ini akibat luapan drainase di sekitar kawasan jalan utama di Kota Bandung tersebut setelah hujan lebat mengguyur Kawasan Bandung Utara.

Depok, KOMPAS.com - Salah satu dampak yang sering timbul saat musim hujan adalah banyaknya jalan-jalan yang tergenang. Dalam kondisi tertentu, ada ketinggian genangan yang masih ditolerir untuk dilibas pengendara motor.

Kepala Bengkel AHASS Murni Pura Mas Depok Memet Saputra, mengatakan genangan masih aman dilibas sepanjang permukaannya masih di bawah knalpot. Karena acuannya ketinggian knalpot, maka ukuran aman di tiap jenis motor berbeda-beda.

Motor sport yang rodanya berukuran ring 17 atau 18 inci dinilai lebih aman melibas genangan hingga ketinggian maksimal 20 sentimeter, dibanding skutik yang ukuran rodanya rata-rata hanya 14 inci.

Baca juga : Perhatikan Trik Saat Melewati Genangan Air

Knalpot aftermarket untuk Yamaha NMAX diklaim menaikkan tenaga hingga 3 Tk.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Knalpot aftermarket untuk Yamaha NMAX diklaim menaikkan tenaga hingga 3 Tk.

"Selama masih di bawah knalpot atau semata kaki, tidak masalah untuk dilewati," kata Memet saat ditemui Kompas.com, Selasa (6/2/2018).

Saat melibas genangan, Memet menyarankan pengguna motor untuk mempertahankan Rpm di putaran tinggi. Tujuannya menghindari potensi air masuk ke ruang mesin. Sebab walaupun permukaan air masih di bawah knalpot, potensi air masuk bisa muncul dari riak gelombang yang ditimbulkan kendaraan lain.

"Tapi yang terpenting jangan memaksa lewat kalau ketinggiannya sudah sedengkul. Sebaiknya cari jalan lain," ucap Memet.


Komentar
Close Ads X