Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lima Faktor yang Bisa Ganggu Kerja AC Mobil

Kompas.com - 05/01/2018, 11:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mobil tanpa komponen AC yang bekerja baik, membuat kabin mobil bakal terasa tidak nyaman. Bukan hanya karena rusak sistemnya sehingga tak mengeluarkan udara sejuk, bisa juga lantaran bau tak sedap yang dikeluarkan.

Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan beberapa hal yang bisa membuat sistem penyejuk udara mobil bisa rusak atau terganggu. Mulai dari saringan kabin yang kotor atau mampet lalu dibiarkan saja.

“Karena sebaiknya saringan kabin diperiksa, bersihkan dan diganti secara berkala. Anjurannya untuk diperiksa setiap 10.000 kilometer, dan ganti di 30.000 kilometer,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Kamis (4/1/2017).

Kemudian yang kedua, kata Iwan, ada yang tersumbat pada kondensor. “Bersihkan saat cuci mobil, dengan menyemprot air ke arah grill atau radiator,” kata Iwan.

Baca juga : Awas Hirup ?Lumpur? Evaporator AC Mobil

Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkalawikipedia Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala

Ketiga, kerap parkir di tempat yang lembab. Perilaku tersebut bisa mengundang binatang seperti kecoa dan bisa membuat jamur tumbuh di dalam sistem AC, dan itu menimbulkan bau yang tidak enak.

Keempat, parfum mobil. “Memang tidak semua parfum mobil, tapi faktanya ada parfum yang membuat AC malah menjadi bau,” ucap Iwan.

Kelima, adanya bekas makanan atau minuman (mengundang binatang) atau kadang pakaian bekas yang aroma tidak sedapnya menempel pada sistem AC.

“Jadi untuk membuat AC lebih awet, secara berkala periksa saringan AC yang terdapat di kabin, dan juga pantau terus kebersihan kondensor AC (yang ada di depan radiator). Pada dasarnya, Freon bersirkulasi dalam system tertutup, sehingga jika tidak bocor, maka tidak perlu ada istilah tambah freon dan sebagainya,” ujar Iwan.

“Kecuali jika memang dryer-nya mampet (saringan dalam sirkulasi Freon), saringan ini punya usia cukup lama, di atas 4-5 tahun. Jadi yang penting sih saringan kabin dan kondensor, agar kinerja blower dan komponen lainnya tidak terlalu berat (kalau saringan tersumbat, tiupan blower tertahan, membuat motornya bekerja ekstra),” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com