Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spion Ayla-Agya Ternyata Susah Dipatahkan

Kompas.com - 16/10/2017, 16:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Posisinya di luar mobil, tanpa pengamanan ekstra, dan mudah dijual di pasaran, bikin spion salah satu objek incaran pencuri. Namun, mencuri spion tidak selalu mudah karena butuh waktu dan spion bukanlah barang yang gampang dicopot.

Buktinya bisa dilihat di video pencurian spion mobil -diperkirakan Daihatsu Ayla/Toyota Agya- yang viral di internet. Si pencuri berbaju warna biru itu terlihat sangat berusaha mencopot paksa spion tapi tidak berhasil juga.

Anjar Rosjadi, Techncal Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan, spion Ayla menempel ke bodi menggunakan tiga baut. Menurut dia bisa saja spion patah jika kekuatan merusaknya luar biasa, namun pada video dia berpendapat kerusakannya tidak lebih kuat dari material spion.

Anjar juga mengingatkan sistem alarm bawaan pada Ayla tidak memiliki sensor getar. Jadi bila hal seperti itu kejadian, kemungkinan memang alarm tidak bunyi.

“Kalau alarm itu biasanya fokus ke area door lock-nya. Kalau itu yang diutak-atik, pasti bunyi,” jelas Anjar, Senin (16/10/2017).

Iwan Abdurahman, Repair Service Manager Workshop, Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menambah penjelasan, tiga baut yang mengikat spion itu menempel ke pelat besi. Iwan mengatakan si pencuri itu tidak sering melakukannya sebab tidak paham ke arah mana untuk mematahkan spion itu.

Iwan sempat meragukan keaslian spion itu sebab dari kasus yang pernah dia alami, spion mobil konsumen ada yang patah hanya karena bersenggolan dengan sepeda motor di jalan.

Kesimpulannya buat para pemilik mobil, pastikan memarkir kendaraan di tempat yang aman. Selain itu tidak ada salahnya menambah kualitas sistem alarm. 

Baca: Cara Memaksimalkan Fungsi Kaca Spion

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com