Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkenalkan D30D, "Bakal Calon Adik" Avanza-Xenia

Kompas.com - 01/02/2016, 11:05 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Ketika fokus media nasional tertuju pada rencana peluncuran model terbaru Toyota, Sienta, ternyata masih ada satu atau dua model baru lain yang siap menggemparkan tahun ini. Model itu bukan lain adalah, "adik" dari duet maut Avanza dan Xenia, hasil kolaborasn Toyota dan Daihatsu untuk pasar lokal.

Dari penelusuran KompasOtomotif, diperoleh produk spesial ini dikembangkan dengan nama kode "D30D". Sama, seperti konsep Avanza-Xenia, model ini akan dipasarkan baik oleh Toyota dan Daihatsu dengan segmen yang mirip-mirip. Ubahan minor, seperti gril, bemper, dan kelengkapan fitur yang jadi pembedanya.

Informasi lain yang diperoleh, D30D disiapkan oleh Toyota dan Daihatsu sebagai model kedua yang mengikuti program Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) alias low cost and green car (LCGC), setelah duet Agya-Ayla.

D30D, sudah menjeng di gelaran pameran otomotif nasional besutan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dengan sebutan Konsep UFC-3, sejak 2014 lalu. Lewat model ini, baik Toyota dan Daihatsu berharap bisa mengisi ceruk yang mulai ditinggalkan Avanza-Xenia, dengan banderol Rp 150 jutaan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Daihatsu UFC 2 di IIMS 2013, akan disempurkan kembali di IIMS 2014.

Ketika ditanya sola D30D, Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), hanya tersipu dan tersenyum. Entah mengisyaratkan, apakah model itu jadi salah satu andalan Toyota tahun ini.

"Apa, D30D, saya baru dengar. Namanya susah banget," ucap Henry kepada KompasOtomotif, di Yogyakarta, Kamis (28/1/2016) malam.

Tapi, satu hal yang ditekankan Henry adalah, Toyota akan berusaha mengisi pasar dengan produk-produk yang dibutuhkan konsumen. Faktanya, segmen kendaraan multi guna (multi purpose vechile/MPV) tujuh penumpang, masih menjadi idola di Indonesia.

"Kita tidak mencoba mengikuti merek lain, intinya kalau memang ada permintaan, pasti coba kita penuhi," ucap Henry. Jawaban ini menyasar pada fakta, kalau baru Datsun lewat Go+ Panca yang mengisi segmen LCGC bermuatan 5+2 penumpang. Lewat produk kolaborasi keempat ini, Toyota-Daihatsu berharap bisa kembali menguasai pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com