Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi "Kejar Tayang" Pabrik Barunya di Cikarang

Kompas.com - 26/11/2015, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Makassar, KompasOtomotif
– Mitsubishi terus memastikan pabrik barunya di Greenland International Industrial Center (GIIC), Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, bisa beroperasi mulai 2017.

Ibarat sinetron, pabrik ini "kejar tayang" karena disiapkan Mitsubishi untuk memproduksi calon model andalan, kendaraan multi guna (MPV) tujuh penumpang.

Head of MMC Sales Group PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Imam Choeru Cahya menjelaskan, meski kondisi perekonomian Indonesia sedang melandai, tidak berpengaruh pada rencana operasional pabrik baru.

“Sesuai dengan target bahwa di kuartal pertama 2017 pabrik harus sudah beroperasi. Jadi apapun kondisinya, karena itu merupakan komitmen kami,” ujar Imam usai acara press conference di booth Mitsubishi GIIAS Makassar Auto Show 2015 di Celebes Convention Center, Rabu (25/11/2015).

Dijelaskannya, pihak prinsipal (Mitsubishi Motor Corporation/MMC) sudah berkomitmen jika pahitnya kondisi ekonomi Indonesia terus mengalami perlambatan dan penurunan daya beli masyarakat semakin anjlok, maka pembukaan pabrik baru tetap sesuai dengan jadwal awal.

“Jadi tidak akan ada delay. Karena, itulah bukti selain investasi yang besar juga kita sangat serius mendirikan pabrik di Indonesia,” ujar Imam.

Pembangunan pabrik baru Mitsubishi ini sudah dimulai sejak Mei 2015. Pabrik ini memiliki kapasitas perakitan 160.000 unit dan bisa diperbesar hingga 240.000 unit per tahun. Pabrik ini merupakan fasilitas terbesar ketiga Mitsubishi di dunia, setelah Jepang dan Thailand. Investasi mencapai Rp 6,6 triliun.

Selain untuk memenuhi pasar lokal, pabrik baru Mitsubishi di Bekasi juga disiapkan untuk ekspor seperti ke Afrika dan Amerika Latin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com