Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Pasang "Sunroof"? Ini Harganya

Kompas.com - 09/11/2015, 08:43 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain fitur berlimpah dan modern serta harga relatif mahal, salah satu ciri mobil mewah yakni tersedianya sunroof, moonroof atau panoramic roof. Bagi pemilik mobil yang belum ada fitur tersebut jangan berkecil hati, sebab sekarang ini sudah banyak bengkel modifikasi menerima pemasangan sunroof.

Salah satunya adalah Garasi Sunroof di jalan Nangka IV, No.43 D, Cipete Utara, Jakarta Selatan. Owner Garasi Sunroof Raden Indra Dewanto menjelaskan, pada umumnya semua mobil bisa dipasangkan sunroof, moonroof atau panoramic roof. Karena, proses pembuatannya itu sendiri tidaklah sulit dan harganya relatif terjangkau.

“Kita menjual sunroof, moonroof sekaligus memasangkannya. Kita akan sesuaikan dengan jenis mobilnya,” ujar pria yang akrab disapa Dewa kepada KompasOtomotif akhir pekan lalu.

dok.Garasi Sunroof Pemasangan sunroof oleh Garansi Sunroof

Pria kelahiran Jakarta 6 Mei 1975 silam itu menambahkan, untuk pemasangan sunroof ataupun moonroof pada dasarnya sekitar Rp 3,5 juta, pembuatan plafon Rp 1,5 juta dan ongkos pasangnya dan pengecatan sekitar Rp 5 juta. Sunroof yang ia jual ada yang baru, ada juga copotan atau eks Singapura.

“Jadi totalnya kurang lebih sekitar Rp 10 juta. Pokoknya sampai benar-benar jadi dan bisa dipakai harganya sekitar segitu. Itu ada yang baru dan ada juga yang bekas dari Singapura,” kata Dewa.

Proses pengerjaan

Karena Dewa tidak ingin konsumennya kecewa, maka dalam hal proses pemasangan sunroof atau moonroof membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sekitar dua minggu. Proses pertama dimulai dari pemotongan atap, dempul, membuat plafon hingga pengecatan.

“Jadi sampai benar-benar jadi kurang lebih sekitar 2 minggu. Itu sudah pengecatan dan lain sebagainya,” kata Dewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com