Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bidik 1,1 Juta Unit di China

Kompas.com - 07/01/2015, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Produsen mobil terbesar di dunia Toyota mencatat prestasi kurang memuaskan di China selama 2014. Tahun ini, Toyota berambisi kembali bangkit, menargetkan penjualan menyentuh 1,1juta unit, yang terbilang konservatif dilansir Reuters (5/1/2015).

Langkah Toyota sedikit diperlambat tahun ini karena di 2014 gagal mencapai target yang ditetapkan perusahaan. Pelemahan pasar yang terjadi di beberapa bulan terakhir tahun lalu dan tuntutan kompensasi dari pengusaha pengelola jaringan pemasaran dan layanan purna jual (dealer) di China membuat kondisi bisnis kurang langsam.

Toyota berhasil menjual 1,03 juta unit di China sepanjang 2014, naik 12,5 persen dari hasil 2013. Namun, gagal mencapai target yang ditetapkan 1,1 juta unit. Berbekal pengalaman ini, Toyota lantas tidak mengubah target penjualan tahun ini dan berusaha mengejar target sebelumnya, yakni 1,1 juta unit untuk 2015 atau naik 6,8 persen dari 2014.

Tahun lalu, Toyota dan merek lain dari Jepang masih harus menghadapi kenyataan pahit karena ketegangan politik antara Beijing dan Tokyo. Imbasnya, sentimen negatif anti produk Jepang merebak di China, membuat sejumlah penjualan melambat.

Toyota, juga harus menghadapi tuntutan sekitar 500 dealer untuk ikut menanggung kerugian karena stok yang menumpuk dan gagal terjual. Tuntutan ini mencapai 2,2 miliar yuan (Rp 4,49 triliun) dalam bentuk subsidi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau