Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prediksi Penyebab Kebakaran pada Tabrakan Beruntun Bintaro

Kompas.com - 14/08/2014, 16:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kecelakaan yang berujung hingga mobil terbakar kembali mengemuka. Beberapa hari lalu terjadi di Jembatan Taman Menteng, Bintaro Sektor 7, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan. Tiga unit mobil dan satu sepeda motor hangus terbakar pada kecelakaan tersebut

Seperti diberitakan Kompas.com, kecelakaan berawal dari Honda Freed yang melaju kencang dan menyenggol sepeda motor. Tapi, pengemudi malah memacu mobilnya hingga motor tersebut terseret. Sialnya, Freed tersebut menabrak Avanza dan taksi hingga terjadi kebakaran dan ledakan besar.

Dadi Hendriadi, Division Head Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelasakan, biasanya jarang terjadi kebakaran sampai terjadi ledakan dalam kasus kecelakaan. Sumber kebakaran bisa terjadi dari percikan api akibat motor yang terseret.

"Tangki bahan bakar pada mobil jarang meledak saat terjadi kecelakaan. Tapi dugaannya, api berasal dari motor yang terseret hingga terjadi kebakaran. Terlebih Freed itu bertabrakan dengan Avanza dan taksi," jelas Dadi saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (14/8/2014).

Komponen saluran bahan bakar untuk Avanza terbuat dari plastik keras dengan sistem yang tahan getaran. Bahan plastik keras ini jarang terbakar kecuali sumber apinya besar. Tapi ada kemungkinan di mobil lain saluran bahan bakar terbuat dari karet atau plastik.

Pihak kepolisian masih menyelidiki kasus kecelakaan ini, dengan memeriksa keterangan dari pengemudi dan saksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com