Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Pemain Baru "MPV Sejuta Umat"

Kompas.com - 20/05/2014, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif -- Pelan tetapi pasti, Mitsubishi Indonesia terus menyiapkan proyek terbarunya, kendaraan multiguna (multi purpose vehicle/MPV) untuk Indonesia. Ternyata, Mitsubishi Motor Corporation sudah menunjukkan sosok konsep model baru itu kepada kalangan internal PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Sumber internal KTB memastikan bahwa konsep sudah ditunjukkan dan menawarkan sesuatu yang berbeda dari model-model yang sudah dipasarkan di Indonesia. Disebut berbeda karena mengombinasikan kelebihan-kelebihan yang dimiliki MPV sejuta umat yang sudah lebih dulu dipasarkan, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, dan Honda Mobilio.

Ketika KompasOtomotif menanyakan kepada salah satu eksekutif perusahaan juga tidak ada sanggahan. "Sebagai pendatang terakhir, sangat wajar kalau kami mau memberikan yang terbaik dari produk kami ini," jelas Kosei Tamaki, Executive General Manager of MMC Marketing Division KTB, di Ancol, Jakarta Utara, Senin (19/5/2014).

Informasi tambahan mengatakan, MPV sejuta umat Mitsubishi ini akan dibekali sistem gerak roda depan, sama seperti Ertiga dan Mobilio. Dijelaskan, saat ini keputusan akan diproduksinya MPV tersebut belum diputuskan oleh prinsipal.

"Saya tidak pernah berkata bohong, selain produk baru, proses ini juga menyangkut hitung-hitungan investasi yang harus dilakukan prinsipal. Saya ingin model ini ada di Indonesia, karena tanpanya sulit bisa bersaing di pasar dan memperbesar penjualan," beber Tamaki.

Kapan
Segmen low MPV, sampai saat ini masih menjadi ceruk pasar terbesar di Indonesia dengan komposisi pangsa sekitar 30-35 persen terhadap total penjualan. Honda menjadi merek terakhir yang baru masuk ke segmen ini dengan melepas Mobilio, akhir 2013 lalu. Hasilnya, penjualan Honda langsung naik.

Kalau model konsep sudah disiapkan, lantas kapan model baru ini baru bisa dipasarkan Mitsubishi Indonesia? "Perkiraan saya paling tidak 2017 baru bisa dipasarkan, karena prosesnya memang butuh waktu. Kalau ada perkembangan, pasti saya informasikan lagi," lanjut Tamaki.

Meski masih lama, jangan kaget kalau di Indonesia International Motor Show (IIMS), September 2014 ini, KTB akan memajang konsep MPV barunya ini.

Kita nantikan bersama-sama!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com